Kehadiran PLN diharap geliatkan perekonomian tiga desa di Gumas

id Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Punding S Merang, Gunung Mas, gumas, kalteng

Kehadiran PLN diharap geliatkan perekonomian tiga desa di Gumas

Legislator Kabupaten Gunung Mas Punding S Merang. ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Punding S Merang menyambut baik kehadiran layanan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Desa Jangkit, Sangal, dan Tumbang Lapan, Kecamatan Rungan Hulu.

"Saya berharap, kehadiran listrik PLN akan menggeliatkan perekonomian di Jangkit, Sangal, dan Tumbang Lapan," ucapnya saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Jumat.

Politisi Partai Golkar ini mendorong masyarakat Sangal, Jangkit dan Tumbang Lapan, untuk melirik berbagai peluang usaha yang bisa dilakukan setelah listrik PLN hadir di desa mereka.

Peluang usaha yang harus dilirik baik itu yang masuk kategori skala mikro, kecil, maupun menengah. Contoh sederhananya dengan berjualan es, membuka jasa foto copy, dan lainnya.

"Masyarakat tidak harus memulai usaha yang berskala besar. Mulailah dari yang berskala kecil terlebih dahulu," kata pria kelahiran Kelurahan Tumbang Rahuyan, Kecamatan Rungan Hulu ini.

Lebih lanjut, Punding juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Gunung Mas Jaya S Monong dan jajaran, PLN, pemerintah pusat, dan berbagai pihak terkait lainnya, yang telah berjuang supaya listrik PLN bisa hadir di tiga desa tadi.

"Apresias juga saya sampaikan kepada masyarakat di sana, yang tidak menghambat PLN saat PLN membersihkan pohon yang berada di jalur jaringan listrik," kata wakil rakyat dari daerah pemilihan II, yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini.

Baca juga: Bupati ajak seluruh pihak berpartisipasi susun RPJPD Gumas 2025-2045

Sebelumnya, Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong saat peresmian listrik PLN di Sangal, Senin (28/8), mengungkapkan bahwa awalnya PLN menjadwalkan pembangunan jaringan listrik di tiga desa tersebut dilaksanakan pada tahun 2024.

Namun, pada tahun 2022 dirinya selaku Bupati Gunung Mas meminta kepada PLN, agar aliran listrik di tiga desa tersebut dapat dilaksanakan lebih cepat.

"Puji Tuhan, pada tahun 2023 sudah bisa dinikmati masyarakat. Di mana Desa Jangkit dan Tumbang Lapan sudah bisa menikmati layanan listrik sejak Mei 2023. Sedangkan Desa Sangal pada Agustus 2023," demikian Jaya.

Baca juga: Pj Sekda Gumas apresiasi pelibatan pelajar dalam pemusnahan narkoba

Baca juga: Bupati Gumas lantik sejumlah kepala dinas hingga puskesmas, ini daftarnya

Baca juga: Bupati Gunung Mas tak ingin pencairan ADD 2024 terlambat