Kontingen Kalteng raih sejumlah medali pada Popnas XVI

id Pemprov kalteng, popnas XVI, atlet kalteng, pekan olahraga pelajar nasional, kalteng, kalimantan tengah

Kontingen Kalteng raih sejumlah medali pada Popnas XVI

Foto Arsip - Atlet Kalteng saat mengikuti lomba balap sepeda pada Popnas XVI, Palembang, (3/8/2023). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Kontingen Provinsi Kalimantan Tengah berhasil menorehkan sebanyak delapan medali pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI Tahun 2023 di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

"Tetap bersyukur apa yang telah diperoleh, ini merupakan hasil dari perjuangan maksimal yang sudah mereka (kontingen) lakukan," kata Wakil Sekretaris Kontingen Kalteng Popnas XVI, Lilis Triana dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Senin.

Dalam seremonial penutupan Popnas XVI tadi malam, berdasarkan hasil akhir pada 3 September 2023, pukul 19.08 wib, Kalimantan Tengah menduduki posisi ke-20 dari 34 provinsi se-Indonesia.

Kalimantan Tengah meraih sebanyak 1 medali emas, 5 medali perak dan 2 medali perunggu dengan jumlah keseluruhan sebanyak 8 medali.

Adapun raihan medali Kalimantan Tengah tersebut, yakni 1 medali emas dari cabang panahan, 2 medali perak dari cabang panahan, 1 medali perak dari cabang tinju, 1 medali perak dari cabang dayung, 1 medali dari cabang menembak, 1 medali perunggu dari cabang taekwondo dan 1 medali perunggu dari cabang dayung.

Baca juga: Pesparawi IV Korpri Kalteng ciptakan rasa kebersamaan dalam keberagaman

Lebih lanjut Lilis meminta agar bagi para atlet yang belum berhasil meraih medali, agar tidak patah semangat dan terus berjuang meningkatkan kemampuan untuk mempersiapkan diri menjadi lebih baik ke depannya.

“Ini bukan merupakan akhir dari perjuangan, masih ada kejuaraan di tingkat-tingkat yang lebih tinggi lagi," jelasnya.

Dalam kejuaraan Popnas XVI di Palembang ini Kontingen Kalimantan Tengah mengikuti sebanyak 12 cabang dari 22 cabang olahraga yang dipertandingkan, di antaranya angkat besi, atletik, balap sepeda, dayung, karate, menembak, panahan, panjat tebing, pencak silat, sepak takraw, taekwondo dan tinju.

Kontingen Kalteng yang mengikuti Popnas berjumlah total 208 orang, terdiri dari atlet sebanyak 102 orang terdiri dari 54 putra dan 48 putri, pelatih 48 orang, ofisial provinsi 11 orang, ofisial kabupaten dan kota 41 orang, tim kesehatan 4 orang, tim dokumentasi dan publikasi 2 orang.

Baca juga: Pemprov Kalteng lakukan pengkajian Betang Antang Kalang sebagai cagar budaya

Baca juga: Jambore Kader PKK Kalteng berakhir, berikut pemenang berbagai lomba

Baca juga: Inflasi di Kalteng tetap terkendali, beras dalam kondisi aman