DPRD Palangka Raya berharap polisi tingkatkan penertiban balap liar

id DPRD Palangka Raya ,Trek-Trekan Jalan Raya,Palangka Raya,Kalteng,Sigit Widodo

DPRD Palangka Raya berharap polisi tingkatkan penertiban balap liar

Anggota Satlantas Polresta Palangka Raya mengamankan sejumlah pemuda melaksanakan aksi balap liar di kawasan Bandara Tjilik Riwut, beberapa waktu lalu. ANTARA/Humas Polresta Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Palangka Raya, Kalimantan Tengah, berharap kepolisian meningkatkan penertiban dan membina para remaja yang suka balap liar maupun kebut-kebutan di jalan raya karena mengganggu lalu lintas masyarakat.

"Upaya pembinaan dan pengawasan secara terus menerus dari Kepolisian, akan sangat membantu para remaja terhindar dari kecelakaan lalu lintas dan mengurangi kekhawatiran para pengguna jalan lainnya," kata anggota DPRD Kota Palangka Raya Sigit Widodo di Palangka Raya, Senin.

Selain aparat Kepolisian, peran masyarakat dalam meningkatkan pengawasan terhadap para remaja juga tidak kalah penting. Pengawasan itu antara lain dengan memberikan informasi, melalui berbagai fasilitas sosial media yang sudah tersedia.

Sigit mengungkapkan, kebut-kebutan di jalan banyak dikeluhkan masyarakat. Tindakan itu bukan hanya membahayakan yang bersangkutan, tetapi juga masyarakat pengguna jalan lainnya.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Kalteng pindahkan warga binaan pemasyarakatan di tiga UPT

Selama ini, aparat kepolisian sudah sering melakukan razia. Bukan hanya terhadap remaja yang kebut-kebutan, tetapi juga pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot bising.

Bukan hanya itu, polisi secara rutin juga menggelar patroli keliling, ke beberapa ruas jalan di Kota  Palangka Raya, salah satunya di jalan menuju Bandara Tjilik Riwut, untuk mengantisipasi kebut-kebutan remaja.

Jalan menuju bandara, menjadi salah satu lokasi favorit bagi remaja, untuk menyalurkan hobi mereka balapan di jalan raya.

Baca juga: Polisi ajak masyarakat Palangka Raya tingkatkan kewaspadaan terhadap karhutla

Baca juga: Pemkot ajak warga manfaatkan penghapusan denda PBB untuk bayar pajak

Baca juga: DPRD Palangka Raya minta sekolah tingkatkan kegiatan ekskul