Polisi selidiki kebakaran puluhan rumah di Palangka Raya

id Palangka Raya,Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Budi Santosa,Kebakaran di Kawasan Padat Penduduk ,Camat Jekan Raya Sri Utomo,Kalteng,kebakaran

Polisi selidiki kebakaran puluhan rumah di Palangka Raya

Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Budi Santosa melakukan pengecekan lokasi kebakaran yang terjadi di Jalan Mendawai, Rabu (13/9/2023). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah akan menyelidiki penyebab kebakaran puluhan rumah yang terjadi di kawasan padat penduduk di Jalan Mendawai Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya.

Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Budi Santosa yang langsung meninjau lokasi kejadian, Rabu, mengatakan bahwa saat ini juga pihaknya sudah memintai keterangan beberapa saksi mata yang diduga kuat mengetahui persis peristiwa tersebut.

Baca juga: Kerugian kebakaran di Palangka Raya ditaksir miliaran rupiah

"Terkait kejadian ini kami akan mendalami keterangan beberapa saksi terlebih dahulu, termasuk Ketua Rukun Tetangga (RT) dan warga setempat," kata Budi Santosa.

Jajaran Polresta Palangka Raya juga sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di titik puing-puing yang diduga asal muasal munculnya api. Dari hasil pemeriksaan saksi-saksi dan dan olah TKP, tentunya kepolisian nantinya akan mengetahui apa penyebab terjadinya kebakaran yang menghanguskan puluhan rumah tersebut.

Baca juga: Kecamatan Sebangau Kuala tertinggi karhutla di Pulang Pisau

Bahkan dari informasi yang didapatkan Kepolisian di sekitar lokasi kejadian, bahwasanya rumah yang diduga pertama kali muncul apinya tersebut malam itu memang ada penghuninya.

"Untuk barang bukti yang diambil dari olah TKP, kami masih melakukan pendalaman lebih lanjut lagi. Kami akan kumpulkan terlebih dahulu dan dilakukan pendataan ulang, informasi sementara ada 30 rumah yang terbakar dan bangunan yang terdampak ada 11 sehingga totalnya 40 rumah terbakar dan terdampak," katanya.

Baca juga: Penyebab kebakaran Kantor Bawaslu Palangka Raya akibat arus pendek listrik

Di lokasi yang sama, Camat Jekan Raya Sri Utomo menambahkan, memang menurut data sementara bangunan rumah warga yang terbakar sekitar 30 dan terdampak 11 rumah.

Sedangkan untuk korban jiwa sementara ini ada 109 orang sedangkan jumlah kepala keluarga yang menjadi korban kebakaran tersebut sebanyak 30 orang.

Baca juga: DPRD ajak warga Palangka Raya peduli terhadap korban kebakaran

"Untuk para korban ada yang diungsikan di posko pengungsian sentral di dekat kawasan kebakaran dan juga ada di salah satu aula masjid yang juga tidak jauh dari lokasi kebakaran tersebut.

Dari pantauan di lapangan lokasi kebakaran banyak warga yang melihat bahkan menjadi tontonan. Selain itu pula ada juga yang mengabadikan foto dan video melalui ponselnya untuk disebarkan ke media sosial untuk mengabarkan terkait hal tersebut.

Baca juga: Penyebab kebakaran puluhan rumah di Kompleks Flamboyan Bawah terus diselidiki

Baca juga: Damkar Palangka Raya waspadai kebakaran di permukiman padat penduduk