Legislator Gumas minta pj kades rangkul semua masyarakat

id Dprd gunung mas, ketua komisi I dprd gumas, gumer, penjabat kepala desa, kuala kurun, gumas, gunung mas

Legislator Gumas minta pj kades rangkul semua masyarakat

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gunung Mas, Gumer. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Gumer meminta kepada penjabat (pj) kepala desa (kades) agar melayani seluruh masyarakat, tanpa membeda-bedakan antara masyarakat yang satu dengan lainnya.

“Saya ingin pj kades bekerja dengan tidak membeda-bedakan atau tidak memihak salah satu golongan. Mereka harus bisa merangkul semua masyarakat,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Jumat.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan III meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu ini juga meminta pj kades agar jangan sampai menjalankan tugas dengan setengah hati.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, mereka yang sudah dipercaya menjadi pj kades harus bekerja dengan tulus, Ikhlas, dan mengayomi masyarakat desa di tempat mereka ditugaskan.

Dia mengakui, pj kades memiliki tugas yang berat. Sebab, mereka yang dipercaya menjadi pj kades adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, khususnya yang bertugas di kantor kecamatan.

“Tugas mereka tentu tidak bisa dibilang mudah, karena mereka harus menjalankan kewajiban sebagai ASN sekaligus sebagai pj kades,” jelasnya.

Baca juga: Bupati Gumas tekankan pentingnya sinergi cegah ektremisme kekerasan

Namun dia yakin, pj kades mampu menjalankan tugas sebagai pemimpin desa tanpa harus mengesampingkan tugas sebagai ASN. Itu semua bisa tercapai jika pj kades bekerja dengan penuh tanggung jawab, serta mampu bersinergi dengan seluruh pihak.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong melantik dua pj kades di wilayah Kecamatan Rungan, yakni Pj Kades Luwuk Langkuas dan Pj Kades Parempei. Mereka yang dilantik yakni Suhadi Tawar selaku Pj Kades Luwuk Langkuas dan Panjung selaku Pj Kades Parempei.

Dia menjelaskan, Suhadi Tawar merupakan Pengadministrasi Umum di Kantor Kecamatan Rungan. Suhadi Tawar menggantikan kades sebelumnya yakni Abikson yang mengundurkan diri.

Menurut dia, kontribusi dan dedikasi Abikson selama menjabat sebagai Kades Luwuk Langkuas, telah menjadi bagian penting dalam pembangunan dan kemajuan desa.

Di sisi lain, Panjung merupakan Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan di Kantor Kecamatan Rungan. Panjung menggantikan kades sebelumnya yakni Yanto yang meninggal karena sakit.

“Saya atas nama pribadi dan atas nama Pemkab Gunung Mas menyampaikan bela sungkawa yang mendalam, atas berpulangnya saudara terkasih kita Bapak Yanto. Terima kasih atas dedikasi dan pengabdian selama bertugas membangun desa,” demikian Jaya.

Baca juga: PT SLK konsisten bantu pencegahan stunting di Kalteng

Baca juga: Legislator Gunung Mas ingatkan PBS, jangan hanya mencari keuntungan

Baca juga: Deklarasi damai diharap ciptakan pemilu berkualitas di Gunung Mas