Legislator Gunung Mas ingatkan PBS, jangan hanya mencari keuntungan

id Dprd gunung mas, Rayaniatie Djangkan, kuala kurun, gumas, gunung mas, pbs, perusahaan besar swasta

Legislator Gunung Mas ingatkan PBS, jangan hanya mencari keuntungan

Legislator Kabupaten Gunung Mas, Rayaniatie Djangkan. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rayaniatie Djangkan mengingatkan perusahaan besar swasta (PBS) yang beroperasi di wilayah setempat agar jangan hanya berinvestasi untuk mencari keuntungan semata.

PBS juga harus menjalankan kewajiban mereka, salah satunya adalah corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial dan lingkungan, ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Jumat.

“Salah satu PBS di Gunung Mas yang telah menjalankan CSR adalah PT Investasi Mandiri. Itu bagus, saya mengapresiasi CSR yang sudah mereka jalankan,” sambung politisi PAN ini.

PT Investasi Mandiri melakukan program CSR dengan tema “Healthy Children for A Better  Future”, di mana dalam pelaksanaannya perusahaan tersebut mengajak anak-anak Desa Tumbang Lampahung Kecamatan Kurun untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat sejak dini.

CSR dijalankan dengan menggandeng Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tewang Pajangan dan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tumbang Lampahung. Program menyasar seluruh murid di SD tersebut.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan I, yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini mengingatkan sekaligus mendorong PBS-PBS lain agar melakukan CSR, sehingga kehadiran PBS benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.

Baca juga: Deklarasi damai diharap ciptakan pemilu berkualitas di Gunung Mas

Selain itu, Rayaniatie juga mengingatkan kepada PBS agar menyampaikan laporan secara rutin kepada pemerintah daerah, jika sudah menjalankan program CSR. Dengan demikian pemerintah daerah bisa memantau serta mengevaluasi pelaksanaan program tersebut.

Sebelumnya, Senior General Affair (GA) & Legal Administration PT Investasi Mandiri, Sri Kandini mengatakan, pada 2023 ini pihaknya melakukan program CSR dengan tema ‘Healthy Children for A Better  Future’.

Melalui program tersebut PT Investasi Mandiri ikut membantu penanaman PHBS kepada murid-murid SDN Tumbang Lampahung. Dengan tertanamnya PHBS sejak dini, diharap murid-murid menjadi anak-anak yang sehat, demi masa depan yang lebih baik

Sebelumnya PT Investasi Mandiri juga telah menyalurkan program CSR kepada SDN Tumbang Lampahung. Program CSR yang dimaksud yakni ‘back to school’, di mana murid-murid mendapat bantuan paket sekolah, tas serta sandal.

“PT Investasi Mandiri peduli dan berkomitmen untuk terus berkontribusi memajukan tingkat kesejahteraan masyarakat sekitar, dalam bentuk program-program CSR perusahaan yang rutin diadakan setiap tahunnya,” demikian Sri Kandini.

Baca juga: Ketua DPRD Gunung Mas: Gunakan dana hibah sesuai aturan

Baca juga: Bupati ajak masyarakat Gumas saling menghargai perbedaan pilihan

Baca juga: Pemkab Gunung Mas hibahkan Rp38 miliar untuk Pilkada 2024