Polres Sukamara optimalkan penanganan karhutla, bantu pemadaman hingga upaya hukum

id Polres sukamara, sukamara, kapolres sukamara, AKBP Dewa Made Palguna, kebakaran hutan, kebakaran lahan, karhutla

Polres Sukamara optimalkan penanganan karhutla, bantu pemadaman hingga upaya hukum

Foto Arsip - Anggota Polres Sukamara berupaya memadamkan kebakaran lahan di kabupaten setempat beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Polres Sukamara)

Sukamara (ANTARA) - Kapolres Sukamara, Kalimantan Tengah AKBP Dewa Made Palguna mengatakan, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah setempat terus mengalami peningkatan dari bulan-bulan sebelumnya.

“Kita terus melakukan berbagai upaya dalam penanganan karhutla. Salah satunya bersinergi dengan pemangku kepentingan terkait, termasuk berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukamara," katanya di Sukamara, Selasa.

Menurutnya, memang tidak semua dapat dipadamkan, hal tersebut disebabkan lokasi kebakaran yang tidak bisa dijangkau. Hanya beberapa titik saja yang memungkinkan untuk dijangkau tim.

“Beberapa lokasi kebakaran yang tidak bisa kita padamkan terpaksa meminta bantuan dari provinsi menggunakan helikopter waterbombing. Hal ini sudah dua kali kita lakukan,” jelasnya.

Dewa menerangkan, pihaknya juga melakukan upaya hukum terhadap para pelaku hasil dari proses penyelidikan di lapangan.

“Hingga saat ini sudah ada tiga pelaku yang kita amankan dari beberapa lokasi yang berbeda," jelasnya.

Baca juga: Sekda Sukama: Bangkitkan seni Islami melalui inovasi dan kolaborasi

Dia menyampaikan, di antaranya ada yang sengaja membakar supaya tumbuh rumput baru tempat berburu rusa, kemudian ada yang membakar ladang dan sampah hingga api tidak bisa dikendalikan akibat tanah gambut dan angin kencang, sehingga merembet ke kawasan lainnya.

Dirinya berharap, dengan adanya imbauan yang secara masif dilakukan kepolisian dan pemangku kepentingan terkait dapat mengurangi upaya masyarakat membakar lahan dan lainnya yang dapat mengakibatkan kebakaran.

“Kita sangat berharap dengan imbauan-imbauan ini masyarakat dapat paham, efek dari apa yang dilakukan dan kelalaian dalam membakar lahan. Di sini juga banyak kebun sawit masyarakat, jangan sampai akibat kelalaian oknum yang tidak bertanggung jawab membakar lahannya justru merugikan masyarakat lainnya,” ucapnya.

Berdasarkan rekap data BPBD Sukamara 2023, karhutla yang terjadi di wilayah setempat seluas 270,1 hektare dan berhasil ditangani atau dipadamkan seluas 151 hektare. Pada Juli sebanyak 12 kasus kebakaran, Agustus sebanyak 18 kasus, dan terakhir September sebanyak 20 kasus.

Baca juga: KONI Sukamara berkomitmen terus tingkatkan pembinaan atlet

Baca juga: Bupati Sukamara: Showroom BAS bantu pertumbuhan ekonomi daerah

Baca juga: TPPS Kalteng apresiasi upaya Pemkab Sukamara tangani stunting