Wakili Kalteng ke PON, drumband Kotim targetkan juara

id Wakili Kalteng ke PON, drumband Kotim targetkan juara, kalteng, Sampit, kotim, kotawaringin Timur, bupati kotim, Halikinnor

Wakili Kalteng ke PON, drumband Kotim targetkan juara

Anggota Drum Corps Handep Mentaya Praja berfoto bersama Bupati Halikinnor dan jajaran saat acara silaturahim di aula rumah jabatan bupati, Rabu (11/10/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Drumband binaan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur yaitu Drum Corps Handep Mentaya Praja yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah, berhasil lolos babak kualifikasi sehingga berhak melaju ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 nanti. 

"Saya selaku Ketua Umum PDBI Kalimantan Tengah, sekaligus selaku Bupati Kotawaringin Timur, sangat bangga. Bayangkan, kalian bisa mengalahkan peserta dari daerah yang maju seperti DKI Jakarta dan lainnya di babak kualifikasi. Makanya kita harus optimistis meraih juara di PON nanti," kata Bupati Halikinnor di Sampit, Rabu. 

Halikinnor didampingi Wakil Bupati Irawati, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Wim RK Benung serta Ketua KONI Kotawaringin Timur Ahyar Umar hadir dalam acara penyambutan di aula rumah jabatan bupati. 

Drum Corps Handep Mentaya Praja baru saja mengikuti babak kualifikasi di Yogyakarta. Hasilnya, dari 12 daerah yang bertanding, Kalimantan Tengah masuk dalam lima daerah yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti PON 2024 nanti. 

Lima daerah yang lolos kualifikasi dan melaju ke PON tersebut yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Kalimantan Tengah. Drumband lima daerah ini nantinya akan bersaing, ditambah dua tim yaitu dari Aceh dan Sumatera Utara selaku tuan rumah PON 2024.

Baca juga: Pemkab Kotim sangat terbantu pendampingan Kejari

Halikinnor yang juga menjabat Ketua Umum Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Provinsi Kalimantan Tengah menilai, capaian ini sangat membanggakan, apalagi Kalimantan Tengah menjadi satu-satunya provinsi di luar Jawa yang mampu lolos ke PON 2024 pada cabang drumband. 

Meski begitu dia mengingatkan agar tidak euforia berlebihan. Dia menyarankan tim mulai mempersiapkan fisik dan mental agar bisa tampil maksimal dan meraih juara pada PON 2024 nanti. 

"Beberapa kendala seperti peralatan dan lainnya, akan segera dicarikan solusinya. Saya juga berharap KONI Kalimantan Tengah segera memiliki ketua yang definitif sehingga bisa turut memberi dukungan dalam persiapan, selain yang kita upayakan sendiri," demikian Halikinnor. 

Ketua Drum Corps Handep Mentaya Praja, Diana Setiawan mengatakan, latihan dalam menghadapi PON akan dioptimalkan dengan pengadaan peralatan baru serta mendatangkan pelatih. 

Drum Corps Handep Mentaya Praja juga akan melakukan seleksi sebagai persiapan regenerasi personel sehingga pembinaan prestasi cabang olahraga drumband ini bisa berkelanjutan. 

"Nanti akan kita buat regenerasi personel sehingga bisa semakin optimal. Kami berharap bisa membawa peningkatan prestasi Kalimantan Tengah pada PON 2024 nanti. Mohon doa seluruh masyarakat Kalimantan Tengah," demikian Diana Setiawan. 

Baca juga: Kekosongan dua kursi legislator Demokrat di Kotim kembali terisi

Baca juga: PT Globalindo Alam Perkasa bagikan bantuan 201 paket seragam dan perlengkapan sekolah

Baca juga: BPBD Kotim fokuskan penanganan karhutla ke wilayah selatan