Pemkab Sukamara perkuat pemanfaatan teknologi informasi

id Pemkab Sukamara perkuat pemanfaatan teknologi informasi, kalteng, sukamara

Pemkab Sukamara perkuat pemanfaatan teknologi informasi

Penjabat Bupati Sukamara Kaspinor didampingi Sekda Sukamara Rendi Lesmana dan Kadis Kominfo Sukamara ketika membuka kegiatan penyusunan arsitektur dan peta rencana spbe di aula kantor Bupati, Kamis (12/10/2023). ANTARA/Donefrid Lalang

Sukamara (ANTARA) - Penjabat Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Kaspinor mengatakan, pemerintah daerah berupaya melakukan penguatan pemanfaatan teknologi dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan hal yang tidak mungkin dihindari. Terlebih bagi yang mengabdikan diri pada sektor pelayanan publik, ada tekanan untuk beradaptasi mengikuti perubahan teknologi yang serba cepat, kata Kaspinor saat penyusunan arsitektur dan peta rencana sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) Kabupaten Sukamara, Kamis 

"Untuk kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten Sukamara dibantu oleh tim dari PT Digitama Sinergi Indonesia dari Yogyakarta," ujarnya.

Menurut Kaspinor, SPBE merupakan amanat dalam Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 dengan tujuan peningkatan kualitas layanan publik yang meliputi jaringan informasi dan transaksi layanan publik yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

Baca juga: Penjabat Bupati Sukamara minta PPPK tingkatkan kedisiplinan dalam budaya kerja

“SPBE merupakan suatu sistem tata kelola pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu dalam pelaksanaan administrasi pemerintahan dan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan pada suatu instansi pemerintahan,” jelasnya.

Oleh karena itu, dalam mewujudkan hal tersebut maka diperlukan kerjasama semua pihak agar dapat mencapai tujuannya. Kemudian, untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada terkait dengan proses pembangunan dan pemeliharaan layanan SPBE perlu disusun arsitektur dan peta rencana SPBE daerah sebagai dasar bagi keberlanjutan kedepannya.

Adapun kegiatan penyusunan arsitektur dan peta rencana SPBE ini sudah sampai pada tahap akhir. Pemerintah daerah berharap semua dapat mengikuti kegiatan dengan seksama dan penuh kerjasama yang baik.

"Jangan sungkan dan malu untuk menanyakan hal-hal terkait yang masih belum dipahami, agar kedepannya kita dapat mengimplementasikan arsitektur dan peta rencana SPBE Kabupaten Sukamara yang telah disusun dengan optimal,” demikian Kaspinor.

Baca juga: Sekda Sukamara: MTQ Korpri sarana peningkatan kualitas mental ASN

Baca juga: Kemenkumham tingkatkan FMD personel Lapas Sukamara

Baca juga: Pj Bupati ucapkan terimakasih ke Windu-Ahmadi telah berjuang membangun Sukamara