Pemkot serahkan 144 unit peralatan bagi puluhan pelaku usaha di Palangka Raya

id DPKUKMP Palangka Raya,Kepala DPKUKMP Palangka Raya Samsul Rizal ,Bantuan Peralatan Untuk Pelaku Usaha

Pemkot serahkan 144 unit peralatan bagi puluhan pelaku usaha di Palangka Raya

Kepala DPKUKMP Palangka Raya Samsul Rizal di dampingi Sekretarisnya Hadriansyah (paling kiri) dan Kabid UMKM Rahmanita (paling kanan) menyerahkan secara simbolis peralatan usaha kepada pelaku usaha di kota setempat, Senin 916/10/2023). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah melalui Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota setempat menyerahkan sebanyak 144 unit peralatan bagi puluhan pelaku usaha mikro kecil di daerah setempat.

Kepala DPKUKMP Palangka Raya Samsul Rizal di Palangka Raya, Senin, mengatakan dari ratusan peralatan usaha tersebut yang menerima bantuan tersebut hanya 55 pelaku usaha mikro kecil saja yang sudah dilakukan pendataan.

"Bantuan peralatan tersebut yang bergerak di bidang usaha kuliner, pembuat kue atau bakery, penjahit pakaian, perbengkelan, peternak ikan keramba dan lain sebagainya," kata Samsul Rizal saat menyerahkan secara simbolis di kantornya.

Dia menuturkan, untuk sumber dana bantuan tersebut berasal dari dana Fiskal Kota Palangka Raya yang digunakan untuk percepatan pemulihan ekonomi di daerah dan dukungan dunia usaha terutama usaha mikro kecil dan menengah.

Dengan bantuan tersebut, diharapkan para pelaku usaha mikro kecil dapat lebih meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi serta perlengkapan usahanya agar semakin berkembang. Bahkan para pelaku usaha yang menerima bantuan juga dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin untuk pengembangan usahanya.

"Kami nantinya akan melakukan monitoring kepada pelaku usaha mikro kecil penerima bantuan, agar barang yang diserahkan dapat dimanfaatkan dan segera digunakan sebaik baik mungkin untuk menunjang usahanya sehari-hari," bebernya.

Ditambahkan Samsul Rizal, selain akan melakukan monitoring terhadap pelaku usaha kecil mikro yang menerima bantuan tersebut, pihaknya juga akan melakukan pengawasan agar peralatan yang telah diberikan kepada mereka jangan sampai dipindahtangankan atau dijual kepada orang lain.

"Kita juga akan mengingatkan kepada mereka bahwa peralatan yang diberikan wajib dipelihara dengan baik, sehingga menjadi penunjang usaha mereka. Yang terpenting barang tersebut tidak dipindahtangankan ke orang lain," tutup Samsul Rizal.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Sekretaris DPKUKMP Hadriansyah dan Kepala Bidang UMKM Rahmanita. Kegiatan yang dilaksanakan siang hari tersebut berjalan lancar dan sesuai keinginan.