Pj Bupati Barito Utara lepas peserta Ikrar Bersama Anak Bangsa

id sumpah pemuda barito utara,ikrar bersama anak bangsa,kapuas,barito utara,kalteng

Pj Bupati Barito Utara lepas peserta Ikrar Bersama Anak Bangsa

Pj Bupati Barito Utara Muhlis menyerahkan Pataka Lambang Daerah kepada Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik setempat Rayadi pada pelepasan peserta upacara Hari Sumpah Pemuda dan IBAB di halaman kantor bupati setempat di Muara Teweh, Selasa (24/10/2023).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Barito Utara Muhlis melepas peserta upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 Tahun 2023 dan Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kabupaten Kapuas.

Ikrar Sumpah Pemuda yang dikumandangkan oleh pemuda-pemudi selaku anak bangsa merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, tepatnya setiap tanggal 28 Oktober, hal ini merupakan perwujudan rasa syukur dan kecintaan para pemuda terhadap tanah air, bangsa dan NKRI.

"Hindarilah perbuatan yang tidak terpuji seperti kenakalan remaja yang dapat mendekatkan diri pada pengenalan minuman keras dan obat-obatan terlarang seperti narkoba dan sejenisnya,” kata Muhlis memberikan sambutan melepas peserta di Muara Teweh, Selasa.

Pj Bupati juga mengingatkan kepada pemuda-pemudi yang ikut dalam kegiatan ini, bahwasanya pemuda mencerminkan keadaan bangsanya ke depan, oleh karena itu setiap pemuda harus mempersiapkan diri menjadi generasi yang mampu untuk melanjutkan pembangunan dan berbuat baik demi kemajuan bangsa ini.

Sebagai seorang pemuda Indonesia, kata dia, memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan mencintai bangsa ini dengan sepenuh hati, harus menjadikan sumpah pemuda sebagai benteng pertahanan untuk tetap menjaga keutuhan bangsa dan negara ini.

"Melalui tangan seorang pemuda lah harkat dan martabat bangsa sangat ditentukan, oleh karena itu semua pemuda harus mampu menopang dan memperbaiki moral agar tetap bersatu dalam bingkai persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjadi pemuda yang bisa dibanggakan dalam berbagai aspek pembangunan,” imbuhnya.
 
Dikatakannya, semangat dan jiwa sumpah pemuda harus menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif bangsa guna meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda dengan tetap menjaga eksistensi pemuda dalam percaturan global. 

Baca juga: Pj Bupati Barut: Seni qasidah adalah budaya yang patut dilestarikan

Pemuda, kata Pj Bupati, dalam kehidupan global akan tetap menjadi eksis apabila menunjukkan sebuah kapasitas kemandirian dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dan kreatif dalam berbagai kegiatannya.

“Bagi para pemuda Indonesia, Sumpah Pemuda merupakan manifestasi dari kepeloporan dan kepeduliannya untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang mandiri dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia,” pungkasnya.

Baca juga: Dinas Pendidikan Barito Utara gelar Festival Tunas Bahasa Ibu

Baca juga: Pj Bupati Barut minta apoteker awasi peredaran obat rawan disalahgunakan

Baca juga: Disdalduk KB P3A Barut sosisalisasi stunting melalui LPPL Batara