Legislator Kalteng sebut masih ada daerah terisolir di provinsi ini

id Kalimantan Tengah, Purman Jaya, dprd Kalimantan Tengah, dprd kalteng, kalteng

Legislator Kalteng sebut masih ada daerah terisolir di provinsi ini

Anggota Komisi IV DPRD Kalteng Purman Jaya. ANTARA/HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Purman Jaya mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten/kota di wilayah ini, agar lebih menggencarkan dan meratakan program pembangunan infrastruktur jalan maupun jembatan, jaringan listrik serta telekomunikasi.

Permintaan itu karena hasil dari reses para anggota DPRD Kalteng masih ada menemukan daerah atau desa di sejumlah kabupaten/kota yang tertinggal dan terisolir, kata Purman di Palangka Raya, kemarin.

"Masih ada daerah tidak bisa ditempuh jalur darat, belum dialiri listrik oleh PLN, dan jaringan telekomunikasi pun relatif sulit atau tidak ada," beber dia.

Menurut Anggota Komisi IV DPRD Kalteng membidangi Infrastruktur itu, hal paling penting dan harus mendapat prioritas dari pemerintah adalah pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan ke daerah terisolir. Dengan begitu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan penyedia jaringan telekomunikasi, dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat setempat.

Purman mengatakan bahwa sangat penting membagi fokus pembangunan secara merata hingga ke seluruh desa terpencil maupun terisolir di provinsi ini. Sebab, hanya dengan begitu daerah atau desa terisolir di provinsi ini dapat diatasi.

" Dengan menjalankan pembangunan yang merata, pemerintah dapat menciptakan keadilan sosial, yang pada akhirnya akan menciptakan kesejahteraan," kata dia.

Baca juga: DPRD apresiasi seniman se-Kalimantan gelar pameran lintas warna rupa di Kalteng

Menurut wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya ini, tingkat perkembangan suatu wilayah dapat diukur dari sejauh mana pemerataan pembangunan infrastruktur dilaksanakan, dan sejauh mana fasilitas kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan masyarakat terjamin.

"Jadi, kami berharap pemerintah dapat mewujudkan tujuan ini melalui langkah-langkah nyata dalam pembangunan di seluruh pelosok Kalteng," demikian Purman Jaya.

Baca juga: Waket DPRD Kalteng: Santri harus terus jadi pemersatu umat

Baca juga: DPRD Kalteng minta pemda terus memperkuat peran ibu atasi stunting

Baca juga: Waket DPRD Kalteng gunakan dana pokir bantu petani di Katingan