Kotim raih penghargaan terbaik ketiga kinerja PTSP

id Kotim raih penghargaan terbaik ketiga kinerja PTSP, kalteng, Kotim, Kotawaringin Timur, Sampit, pemkab kotim, Kotawaringin timur, bupati Kotim, Ha

Kotim raih penghargaan terbaik ketiga kinerja PTSP

Tangkapan layar video Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor menerima penghargaan Kinerja PTSP dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada acara Anugerah Layanan Investasi 2023 bertempat di Shangri-La Hotel, Jakarta, Rabu (08/11/2023). ANTARA/HO-Channel Youtube Wakil Presiden Republik Indonesia.

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur meraih penghargaan terbaik ketiga atas kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) tingkat kabupaten secara nasional. 

"Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita semua, bukan hanya Pemkab tapi masyarakat Kotim pada umumnya, tapi kita jangan terlena karena yang sulit itu adalah mempertahankan prestasi ini," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kotawaringin Timur Diana Setiawan dihubungi, Kamis. 

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin kepada Bupati Kotawaringin Tumur Halikinnor pada acara Anugerah Layanan Investasi 2023 bertempat di Shangri-La Hotel, Jakarta. 

Diana menjelaskan, sebelum menerima penghargaan pihaknya telah melalui beberapa tahap penilaian. Dimulai dari paparan di depan pihak kementerian, pengecekan langsung ke kantor oleh tim kementerian baik terkait sarana prasarana dan pelayanan yang diberikan DPMPTSP Kotim.

Selanjutnya, mengumpulkan testimoni dari pelaku usaha dan masyarakat yang menerima layanan DPMPTSP, lalu koordinasi dan sinkronisasi serta sinergitas DPMPTSP Kotawaringin Timur dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis yang dicek langsung kepada OPD terkait. 

Diana menuturkan penghargaan yang diraih Kotawaringin Timur dalam bidang PTSP ini tak lepas dari kerja sama semua pihak terkait. Namun, menurutnya yang paling sulit adalah mempertahankan dan meningkatkan prestasi itu, sehingga ia berharap sinergitas yang telah terjalin dengan baik ini bisa diteruskan kedepannya. 
Kepala DPMPTSP Kotim Diana Setiawan (tengah) dan jajarannya saat acara Anugerah Layanan Investasi 2023 bertempat di Shangri-La Hotel, Jakarta, Rabu (8/11/2023). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi Diana Setiawan

"Dan saya akan berusaha untuk terus meningkatkan pelayanan yang dilakukan baik melalui evaluasi per triwulan maupun dari keluhan yang disampaikan pengguna layanan kami," ucapnya. 

Sementara itu, sebelumnya Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor menyatakan komitmen pemerintahan yang dipimpinnya dalam membenahi dan meningkatkan pelayanan, termasuk perizinan usaha. 

Meskipun, gedung MPP Habaring Hurung milik Pemkab Kotawaringin Timur tergolong baru dioperasikan, namun pihaknya berusaha untuk melengkapi segala fasilitas dan layanan yang diperlukan. 

Gedung megah berlantai tiga yang resmi digunakan pada 7 Januari 2023 lalu itu diisi dengan pelayanan dari puluhan instansi daerah, vertikal, hingga swasta untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat. 

"Saat ini sedikitnya ada 179 jenis layanan yang bisa diakses masyarakat melalui MPP Habaring Hurung. Warga semakin dimudahkan dengan pelayanan yang mengedepankan cara online atau digital," tuturnya. 

Ia menambahkan, pemberian layanan secara online dan digital ini juga merupakan upaya untuk terus menekan potensi terjadinya pungutan liar atau kecurangan lainnya oleh oknum.

Demikian diharapkan membuat investasi akan lebih mudah, sehingga orang pun akan lebih berminat berinvestasi di Kotawaringin Timur.  Hal ini pula yang menjadi nilai tambah bagi kinerja PTSP Kotim. 

Baca juga: Peringatan HKN di Kotim momentum merekatkan hubungan insan kesehatan

Baca juga: Legislator Kotim minta sistem antrean pasien di RSUD Murjani dibenahi

Baca juga: BPBD Kotim siapkan langkah mitigasi bencana saat musim hujan