Penjabat Wali Kota minta Pokjanal Posyandu optimal cegah stunting

id Penjabat Wali Kota minta Pokjanal Posyandu optimal cegahstunting, kalteng, Palangka raya, stunting, hera, Ivo

Penjabat Wali Kota minta Pokjanal Posyandu optimal cegah stunting

Penjabat Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu (kanan) menerima penghargaan Pokjanal Posyandu dari Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran di Palangka Raya, kemarin. ANTARA/HO-Prokom Pimpinan Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Hera Nugrahayu, meminta Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) semakin optimal dalam upaya pencegahan stunting di kota setempat.

"Peran Pokjanal Posyandu di antaranya melakukan bimbingan, pembinaan, fasilitasi, advokasi, pemantauan dan evaluasi pengelolaan program/kegiatan posyandu termasuk dalam mencegah stunting," kata Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Selasa.

Apalagi, lanjut dia, belum lama ini pihaknya juga menerima penghargaan Pokjanal Posyandu dari tingkat Provinsi Kalteng pada sejumlah kelurahan di Kota Palangka Raya.

"Penghargaan ini harus menjadi motivasi bagi kita semua untuk meningkatkan peran kelompok kerja operasional Posyandu yang ada di sejumlah kelurahan. Kita harus terus mengoptimalkan program pembinaan penyelenggaraan serta pengelolaan posyandu," kata Hera.

"Peran Pokjanal Posyandu melalui para kadernya, agar lebih maksimal lagi membantu pemerintah. Terutama dalam mencegah serta menekan angka stunting di Kota Palangka Raya," kata Hera.

Baca juga: Bappeda Palangka Raya susun peta kawasan rawan karhutla

Terkait penghargaan Pokjanal Posyandu tingkat Kalteng tahun 2023, diserahkan oleh Ketua TP-PKK Provinsi Kalteng, Ivo Sugianto Sabran kepada Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu.

Penghargaan diberikan kepada Posyandu Teratai Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya sebagai harapan 3 Pokjanal Posyandu.

Penyerahan penghargaan itu merupakan rangkaian dari kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Provinsi Kalteng dan Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Kalteng.

Penanganan stunting menjadi salah satu program utama Pemerintah Kota Palangka Raya dalam bidang kesehatan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu program yang disiapkan Pemerintah Kota Palangka Raya dalam mengatasi stunting adalah dengan membentuk duta stunting. Nantinya para duta stunting ini akan mengedukasi dan mensosialisasikan program pencegahan stunting kepada masyarakat.

Proses pembentukan duta stunting di "Kota Cantik" tersebut saat ini tengah dalam persiapan seperti terkait dasar hukum pembentukan dan perumusan tugas pokok dan fungsi duta stunting.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya tingkatkan kualitas SDM Satpol PP melalui lokakarya

Baca juga: Pengobatan pasangan penderita diabetes-sakit saraf tertolong program JKN

Baca juga: Legislator apresiasi Disdik Palangka Raya berikan perhatian pelajar berprestasi