Pemkot Palangka Raya disarankan perhatikan infrastruktur di musim penghujan

id DPRD Palangka Raya,M Khemal Nasery,Pemkot Palangka Raya

Pemkot Palangka Raya disarankan perhatikan infrastruktur di musim penghujan

Legislator Kota Palangka Raya M khemal Nasery. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi B di DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah M Khemal Nasery menyarankan pemerintah kota setempat agar dapat memperhatikan infrastruktur di musim penghujan.

"Pemkot Palangka Raya juga diminta untuk menyiapkan mitigasi dan antisipasi bencana alam salah satunya banjir demi keselamatan masyarakat," katanya di Palangka Raya, Jumat. 

Ia mengungkapkan, pemeliharaan infrastruktur di musim hujan menjadi keharusan. Apalagi setelah musim kemarau berkepanjangan, pemeliharaan wajib dilakukan agar perubahan cuaca yang ekstrem tidak berdampak terhadap infrastruktur yang banyak digunakan masyarakat.

Baca juga: Legislator ajak masyarakat manfaatkanmedsosuntuk dapatkan penghasilan

Pemeliharaan infrastruktur dapat meliputi penerangan, perbaikan jalanan yang rusak, sarana transportasi publik, hingga semua hal yang berkaitan dengan fasilitas umum.

"Pada intinya jangan sampai karena kurangnya persiapan menghadapi musim hujan, masyarakat yang menjadi korban. Jadi upaya pencegahan bencana harus dilakukan lewat pemeliharaan yang optimal dan cermat," bebernya.

Ditambahkannya lagi, dengan memelihara infrastruktur yang ada tentunya bencana alam seperti banjir akibat penurunan fungsi drainase tidak akan terjadi.

"Maka dari itu di musim hujan seperti ini alangkah baiknya sedimen di drainase harus dibersihkan sehingga fungsi drainase bisa berjalan sesuai dengan fungsinya," demikian M Khemal Nasery.

Baca juga: Prioritaskan kesejahteraan guru di Palangka Raya

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta segera pangkas pohon rawan tumbang

Baca juga: Legislator: Masyarakat Palangka Raya waspada angin kencang