Gubernur Cup diharap semakin memacu perkembangan pencak silat di Kalteng

id pemprov kalteng, pencak silat kalteng, gubernur cup pencak silat kalteng, bela diri, kalteng, kalimantan tengah, olahraga

Gubernur Cup diharap semakin memacu perkembangan pencak silat di Kalteng

Pengalungan medali kepada pemenang dalam Gubernur Cup Pencak Silat se-Kalteng di Gor Indoor, Palangka Raya, Minggu (19/11/2023) (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Cup Pencak Silat se-Kalimantan Tengah 2023 resmi berakhir dan diharap semakin memacu geliat maupun perkembangan olahraga seni bela diri ini di provinsi setempat
 
Turnamen ini resmi ditutup di Palangka Raya, Minggu (19/11) dilaksanakan panitia pelaksana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) provinsi yang turut dihadiri pengurus KONI, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kalteng Guntur Talajan, serta ratusan peserta.
 
“Terima kasih kepada Pemprov Kalteng yang luar biasa mendukung turnamen dan festival pencak silat ini. IPSI Kalteng terus bergerak meningkatkan kualitas SDM, termasuk memiliki 11 wasit lisensi nasional, dan satu orang wasit nantinya akan dikirim memimpin PON Aceh Sumut 2024,” kata Guntur.
 
Ketua pelaksana yang juga Kepala Bidang Prestasi Dispora Kalteng, Adi Nur Fajar mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari ini berjalan dengan lancar dan luar biasa.
 
“Terima kasih pa gubernur beserta jajaran yang telah mendukung dan meningkatkan kegiatan olahraga di Kalimantan Tengah, termasuk pencak silat," katanya.

Baca juga: Dishanpang Kalteng optimalkan pengembangan Desa B2SA atasi stunting
 
Lebih lanjut dia juga meminta para pengurus dan perguruan pencak silat untuk terus semangat dan melatih para atletnya guna mengukir berbagai prestasi ke depannya.
 
Sementara itu, Wakil Ketua Umum KONI Bidang Pembinaan Prestasi, Rasad Samuel mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dan kolaborasi bersama Pemprov Kalteng dalam program pembinaan maupun pemantauan aktivitas setiap cabang olahraga beserta atletnya.
 
Sementara itu hasil dari turnamen pencak silat ini, di antaranya untuk kelas festival atau lomba pencak silat seni yakni kategori berpasangan putra Faska Aprilio dan Ahmad Maulana dari Buyut Datu Tinjek Kabupaten Kapuas sebagai terbaik I, Pebri Yukemson dan Mistar Asari dari Perguruan Palampang Panerus Tinjek Kabupaten Pulang Pisau sebagai terbaik II, serta Minggo Hawino dan Valentinus dari Perguruan Kuntau Borneo Pusaka Nansarunai Jaya Barito Timur sebagai terbaik III.
 
Selain itu untuk kategori lainnya yang juga digelar dalam Turnamen Gubernur Cup Pencak Silat se-Kalimantan Tengah ini seperti berkelompok putra, berpasangan putri, berkelompok putri, serta kelas tanding.