Penjabat Wali Kota apresiasi Peda KTNA dorong percepatan pembangunan pertanian

id Penjabat Wali Kota apresiasi PedaKTNA dorong percepatan pembangunan pertanian, kalteng, ktna, Palangka raya

Penjabat Wali Kota apresiasi Peda KTNA dorong percepatan pembangunan pertanian

Penjabat Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu saat menghadiri Pekan Daerah Kontak Tani-Nelayan Andalan (Peda-KTNA) XIII Tingkat Kalteng 2023, di Kabupaten Sukamara, kemarin. ANTARA/HO-Prokom Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Hera Nugrahayu berharap Pekan Daerah Kontak Tani-Nelayan Andalan (Peda-KTNA) XIII Tingkat Kalteng 2023, di Kabupaten Sukamara akan mendorong percepatan pembangunan pertanian.

"Peda KTNA merupakan agenda rutin yang bertujuan mendorong serta membantu percepatan pembangunan di sektor pertanian,” ungkap Hera, usai menghadiri pembukaan Peda-KTNA XIII Tingkat Kalteng di Kabupaten Sukamara, Selasa.

Dia menambahkan, melalui Peda-KTNA setidaknya memotivasi pegiat sektor pertanian untuk lebih modernisasi pembangunan pertanian dan kemandirian KTNA, dalam berkontribusi menjaga ketahanan pangan.

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo serta dihadiri Anggota DPR RI Dapil Kalteng, unsur Forkopimda Kalteng, Sekda Kalteng, Ketua Umum KTNA Nasional, Ketua TP PKK Kalteng, Pj wali kota/bupati se-Kalteng, serta tamu undangan lainnya.

Baca juga: Legislator Palangka Raya dukung pemkot optimalkan peran perusahaan dalam membangun

“Peda-KTNA ini bertujuan untuk membangkitkan semangat, tanggung jawab dan kemandirian dalam membangun percepatan sektor pertanian,” kata Edy Pratowo.

Wagub mengatakan, menjaga stabilitas ketahanan pangan harus dapat dijalankan secara berkelanjutan. Sebab itu pentingnya motivasi dan kegairahan para petani-nelayan, dalam mengembangkan sektor ketahanan pangan yang digeluti.

“Hal ini sejalan dengan tema Peda KTNA ke 13 tahun ini yaitu, memantapkan potensi komoditas unggulan lokal untuk mewujudkan kemandirian pangan berkelanjutan menuju Kalteng semakin berkah,” kata Edy.

Peda KTNA XIII Kalteng itu sendiri dilaksanakan di Desa Natai Sedawak, Kabupaten Sukamara pada 19-24 November 2023. Kegiatan diikuti oleh peserta dari seluruh kabupaten/kota se Kalteng.

Baca juga: DPRD Palangka Raya dorong pelaku usaha bertransformasi ke model bisnis digital

Baca juga: Masyarakat Palangka Raya diminta aktif cegah penyebaran DBD

Baca juga: Layanan autis gratis dari Pemkot Palangka Raya harus dimanfaatkan warga