Bulog salurkan beras enam ton ke Kelurahan Langkai

id Bulog salurkan beras enam ton ke Kelurahan Langkai, kalteng, Palangka raya, pangan

Bulog salurkan beras enam ton ke Kelurahan Langkai

Bulog salurkan beras enam ton ke Kelurahan Langkai. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Badan Urusan Logistik (Bulog) dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyalurkan beras sebanyak enam ton untuk masyarakat di Kelurahan Langkai, Kota Palangka Raya.

Lurah Langkai, Sri Wanti di Palangka Raya, kemarin mengatakan bahwa warga dapat membeli beras murah dengan menunjukkan kupon yang sebelumnya telah dibagikan kepada setiap RT setempat.

“Setiap kupon berisi paket pembelian 10 Kg beras dengan rincian 5 Kg beras pulen dan 5 Kg beras karau dengan harga Rp120 ribu,” kata Sri Wanti di Palangka Raya, Selasa.

Kegiatan ini, lanjut Sri, mendapat sambutan positif dari warga Kelurahan Langkai yang merasa terbantu dalam memenuhi kebutuhan pangannya sehari-hari.

“Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap stabilitas ekonomi masyarakat di tengah kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok,” katanya.

Baca juga: Penjabat Wali Kota apresiasi Peda KTNA dorong percepatan pembangunan pertanian

Sebelumnya, Pemprov Kalteng juga mendorong agar masing-masing pemerintah kabupaten dapat menyediakan gerai khusus berkolaborasi bersama Bulog dalam penyediaan beras dengan harga murah atau relatif terjangkau.
 
"Seperti yang baru saja dilakukan Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), yakni menyediakan Gerai TPID Eka Pandohop di kawasan Pasar Kahayan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Kadishanpang) Kalteng Riza Rahmadi.
 
Hal itu dia sampaikan di sela peninjauan Gerai TPID Eka Pandohop bersama jajaran Bulog Kalimantan Tengah. Dalam gerai yang merupakan kolaborasi dengan Bulog tersebut, di antaranya tersedia beras Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), beras subsidi pemerintah, serta beberapa komoditas pangan strategis lainnya.
 
"Ini hendaknya menjadi contoh bagi pemerintah kabupaten lain di Kalimantan Tengah. Semakin banyak gerai seperti ini tersedia, maka semakin mudah pula masyarakat dalam mengakses pangan dengan harga terjangkau," katanya.

Baca juga: Legislator Palangka Raya dukung pemkot optimalkan peran perusahaan dalam membangun

Baca juga: DPRD Palangka Raya dorong pelaku usaha bertransformasi ke model bisnis digital

Baca juga: Masyarakat Palangka Raya diminta aktif cegah penyebaran DBD