Program JKN meringankan proses rawat inap penderita gangguan lambung

id Program JKN meringankan proses rawat inap penderita gangguan lambung, kalteng, Palangka raya, jkn kesehatan

Program JKN meringankan proses rawat inap penderita gangguan lambung

Peserta JKN saat menjalani perawatan sakit lambung di salah satu Rumah Sakit di Kota Palangka Raya. ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Palangka Raya

Sampit (ANTARA) - Seorang peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) asal Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Indah yang menderita gangguan lambung mengaku program jaminan kesehatan tersebut memberikan keringanan pada proses rawat inap.

"Sekarang saya sudah menjadi peserta JKN, saya merasa lebih tenang saat dirawat inap. Saya tidak khawatir lagi soal biaya perawatan karena sudah ada Program JKN, jadi saya sebagai pasien yang dirawat bisa fokus istirahat untuk mengembalikan kondisi kesehatan," kata Indah di Palangka Raya, Rabu.

Menurut wanita 24 tahun itu, keberadaan program JKN yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan sangat berpengaruh terhadap kondisi ekonomi, apalagi ketika harus mendapatkan pelayanan rawat inap di rumah sakit.

Indah menceritakan, proses rawat inap di rumah sakit yang dijalaninya itu bukan pertama kali dilaksanakan. Bahkan sebelumnya ia sudah pernah dirawat inap, namun saat itu dirinya belum memiliki JKN sehingga harus memikirkan biaya untuk perawatan.

"Saya ada gangguan lambung, jadi saran dokter harus dilakukan rawat inap. Bukan cuma sekarang ini saya dirawat inap. Dulu kalau saya dirawat masih kepikiran berapa biayanya, tapi sekarang setelah punya JKN, sudah tidak pusing lagi memikirkan biayanya," katanya.

Dia mengatakan, selama mendapatkan pelayanan di rumah sakit menggunakan Program JKN, baik pada pelayanan rawat jalan maupun rawat inap dia mengaku puas atas pelayanan yang diterima.

Baca juga: Rutin cuci darah, warga ini terbantu JKN ditanggung Pemkab Barito Utara

Menurut dia, seluruh proses pelayanan Program JKN bagus, proses pendaftaran cepat dan bahkan tidak ada permintaan syarat-syarat fotokopi berkas dan lain-lain.

"Kamar rawat inapnya juga langsung dapat, tidak menunggu lama untuk proses rawat inapnya. Untuk fasilitas pelayanannya juga bagus, kamarnya bersih petugasnya juga ramah dan tanggap. Obat-obatan juga semuanya dapat dari rumah sakit, tidak ada yang perlu saya beli sendiri,” kata Indah.

Setelah proses pelayanan rawat inap selesai dilaluinya, Indah berharap bahwa seluruh masyarakat yang belum mengetahui manfaat dari kepesertaan Program JKN tidak ragu lagi untuk menjadi peserta dan memanfaatkan Program JKN saat membutuhkan pelayanan.

Hal tersebut ia katakan setelah dirinya merasakan beberapa kali pengalaman mendapatkan pelayanan menggunakan Program JKN, baik untuk pelayanan rawat jalan maupun pelayanan rawat inap. Seluruh pelayanan yang telah ia lalui berkesan baik dan Indah juga merasa puas atas pelayanan yang ada pada Program JKN.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya K Hindro Kusumo mengimbau kepada seluruh Peserta JKN untuk menjaga status kepesertaan Program JKN selalu aktif demi kenyamanan dan kemudahan saat mengakses layanan kesehatan.

"Mari kita jaga status kepesertaan JKN kita agar selalu aktif, sehingga apabila kita membutuhkan layanan kesehatan kita tidak akan mengalami kendala. Kita sebagai Peserta JKN bisa melihat status kepesertaan JKN kita melalui aplikasi Mobile JKN atau bisa juga melalui kanal layanan Pandawa," kata Hindro.

Baca juga: Pengobatan pasangan penderita diabetes-sakit saraf tertolong program JKN

Baca juga: Program JKN ringankan pengobatan penderita penyakit jantung

Baca juga: Peserta JKN rasakan kemudahan layanan di fasilitas kesehatan