Kumon Palangka Raya menggelar 'Advanced Student Award' 2023 untuk siswa berprestasi

id Kumon,kumon pcpr,kumon palangka raya,bimbingan belajar,bimbel,palangka raya

Kumon Palangka Raya menggelar 'Advanced Student Award' 2023 untuk siswa berprestasi

Kegiatan pemberian penghargaan Advanced Student Award (ASA) 2023 kepada 34 siswa berprestasi di Kumon PCPR Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (09/12/2023). (ANTARA/Rini Andriani)

Palangka Raya (ANTARA) - Kumon PCPR Palangka Raya menggelar acara penghargaan Advanced Student Award (ASA) 2023, untuk memberikan apresiasi kepada 34 siswa yang telah mencapai prestasi luar biasa dalam pembelajaran Kumon Indonesia di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

“Ini merupakan kegiatan yang ke-8 kalinya kami gelar di Palangka Raya sejak awal berdirinya Kumon PCPR Palangka Raya pada tahun 2016, untuk tahun ini ada sebanyak 34 siswa yang meraih penghargaan ASA 2023” kata pemilik sekaligus pembimbing di Kumon PCPR Palangka Raya, Lian Hasuna, Sabtu.

ASA menjadi salah satu upaya dalam menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi dan mendukung pertumbuhan akademis setiap siswa.

Acara ini dihadiri oleh siswa, orang tua, dan para pengajar Kumon yang ada di Palangka Raya. 

“Penghargaan ini diberikan untuk pencapaian siswa di tiga tingkat, lima tingkat, tujuh tingkat di atas tingkatan kelasnya dan completer atau siswa yang sudah mencapai semua tingkatan dan dinyatakan lulus dalam subjek matematika dan bahasa inggris” jelas Lian.

Ia menambahkan, kegiatan ini mencerminkan dedikasi dan ketekunan siswa dalam menaklukkan tingkat kesulitan yang semakin meningkat.

Para penerima penghargaan ASA tidak hanya mendapat sertifikat penghargaan, tetapi juga pujian dan dukungan dari orang tua serta pengajar. Hal ini diharapkan dapat menjadi motivasi tambahan bagi siswa-siswa Kumon untuk terus mengejar pencapaian akademis mereka.

“Dengan adanya acara ini, Kumon berharap dapat menginspirasi lebih banyak siswa untuk mengejar prestasi akademis tertinggi dan mengembangkan potensi mereka secara optimal.” kata Lian.

Ia menambahkan, selain prestasi akademis, Kumon juga membentuk karakter anak-anak. Mereka belajar tentang ketekunan, tanggung jawab, dan rasa percaya diri yang akan membawa manfaat jangka panjang dalam kehidupan mereka.
 
Pemilik Kumon PCPR Palangka Raya, Lian Hasuna (kiri) memberikan penghargaan Advanced Student Award (ASA) 2023 kepada salah satu siswa berprestasi di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (09/12/2023). (ANTARA/Rini Andriani)

Salah satu orang tua siswa mengungkapkan rasa bangga dan merasa bahagia melihat anaknya menerima penghargaan. Ia mengungkapkan kegembiraannya atas dedikasi anaknya dalam mengejar tingkatan pembelajaran yang tinggi di Kumon.

"Dengan penuh rasa bangga, saya menyaksikan anak saya menerima penghargaan ASA tahun ini. Kumon tidak hanya memberikan mereka pengetahuan, tetapi juga mengajarkan keterampilan hidup yang sangat berharga," ungkap orang tua siswa, Pipit Hari Koesbianto.

Lebih lanjut, ia menjelaskan alasan memilih Kumon sebagai lembaga pembelajaran untuk anaknya. "Saya telah mengenal Kumon sejak lama, terutama karena reputasinya dalam sistem pembelajaran yang unik dan efektif. Kemampuan anak-anak untuk menjadi pandai dan cepat berhitung melalui metode Kumon membuat saya yakin bahwa ini adalah pilihan terbaik untuk mendukung perkembangan akademis mereka." jelasnya.
 
Fidella Damitsa, salah satu siswa berprestasi yang meraih penghargaan Advanced Student Award (ASA) 2023 dari Kumon PCPR Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (09/12/2023). (ANTARA/Rini Andriani)

Kumon merupakan metode belajar dengan pendekatan pembelajaran yang menitikberatkan pada belajar mandiri dan progresif. Beberapa elemen kunci dari metode ini melibatkan penyesuaian tingkat kemampuan, latihan harian, pembelajaran mandiri, pemantauan kemajuan, dan pemberdayaan siswa untuk mengatasi tingkat kesulitan yang sesuai dengan kecepatan mereka sendiri. Kumon tidak hanya fokus pada pencapaian akademis, tetapi juga pada pengembangan keterampilan hidup dan kemandirian siswa.

Metode Kumon didirikan oleh seorang guru matematika Jepang bernama Toru Kumon pada tahun 1954. Toru Kumon menciptakan metode pembelajaran ini untuk membantu putranya, Takeshi Kumon, dalam memahami dan menguasai matematika. Metode ini awalnya dikembangkan sebagai solusi untuk memperbaiki pemahaman matematika Takeshi, yang saat itu masih duduk di bangku sekolah dasar.

Sejak berdiri, Kumon telah berkembang menjadi lembaga pembelajaran global dengan kehadiran di berbagai negara. Metodenya telah diterapkan tidak hanya untuk matematika tetapi juga untuk bahasa inggris dan bahasan Indonesia. Kumon menjadi salah satu lembaga pembelajaran yang dikenal karena pendekatannya yang terstruktur dan berorientasi pada perkembangan diri siswa.

Kumon PCPR Palangka Raya memberikan kemudahan dalam sistem pendaftaran, yaitu dengan bisa langsung mengunjungi Kumon di Jl. Dahlia, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, atau bisa menghubungi admin Kumon melalui aplikasi WhastApp dengan nomor  0812-5667-4436.