Pj Bupati Kobar: DWP miliki peran strategis dalam pembangunan

id Pemkab Kotawaringin Barat, Penjabat bupati, budi Santosa, HUT DWP, dharma wanita persatuan, pangkalan bun, kobar, Kotawaringin Barat

Pj Bupati Kobar: DWP miliki peran strategis dalam pembangunan

Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Budi Santosa pada puncak perayaan HUT ke-24 DWP kabupaten setempat di Pangkalan Bun, Kamis (14/12/2023). (ANTARA/Safitri RA)

Pangkalan Bun (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah Budi Santosa mengatakan, Dharma Wanita Persatuan (DWP) merupakan organisasi perempuan yang memiliki peranan strategis dalam pembangunan nasional. 
 
"Untuk itu DWP diharapkan mengoptimalkan peranannya sebagai penunjang pembangunan di berbagai pilar khususnya pendidikan, ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan," kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Kamis.
 
Hal itu dia sampaikan saat menghadiri puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke-24 Dharma Wanita Persatuan kabupaten setempat. 
 
Budi mengatakan, pada perayaan HUT ke-24 DWP tahun ini mengusung tema "Peran strategis perempuan dalam pembangunan berkelanjutan".
 
"Dari tema tersebut, diharapkan DWP Kotawaringin Barat dapat meningkatkan kesadaran terhadap peran strategis yang dimiliki perempuan dan menambah wawasan," ucapnya.

Baca juga: Penjabat Bupati Kobar minta Satlinmas junjung tinggi etika profesional
 
Dia menyampaikan, dalam perjalanan berorganisasi, DWP mengalami dinamika yang luar biasa serta setiap masa kepengurusannya selalu ada tantangan sekaligus peluang.
 
Menurutnya, peranan perempuan bagi tanah air tidak dapat dipandang sebelah mata, karena perempuan memiliki kontribusi besar mulai dari keluarga, lingkungan hingga bangsa dan negara.
 
"Pelibatan perempuan dalam menyuarakan perubahan, dan turut berperan aktif dalam pengambilan keputusan juga menjadi hal yang penting dalam mewujudkan kesetaraan gender serta mendorong pembangunan berkelanjutan," jelasnya.
 
Dia menambahkan, perempuan juga memiliki peran aktif untuk mengawal implementasi dan capaian dari semua tujuan pembangunan berkelanjutan.
 
"Untuk itu program peningkatan kualitas dan pengembangan wawasan DWP perlu lebih ditingkatkan," demikian Budi Santoso.

Baca juga: Dishub Kobar ingatkan angkutan umum utamakan keselamatan

Baca juga: Pj Bupati Kobar serahkan penganugerahan SAKIP Award 2023

Baca juga: Cek harga pangan, Teras Narang kunjungi pasar di Kobar dan Sukamara