Dishub Kobar ingatkan angkutan umum utamakan keselamatan

id Dishub Kobar ingatkan angkutan umum utamakan keselamatan, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, penumpang

Dishub Kobar ingatkan angkutan umum utamakan keselamatan

Sosialisasi kepada pengusaha angkutan umum yang beroperasi di wilayah Kobar, Jumat (8/12/2023) lalu. ANTARA/HO-Dishub Kobar

Pangkalan Bun (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah menekankan kepada pelaku angkutan umum untuk lebih memperhatikan dan mengutamakan keselamatan berlalu lintas.

"Salah satunya, dengan memenuhi aspek-aspek penting dalam berlalu lintas, seperti administrasi maupun legalitas kendaraan atau sopir serta kendaraan angkutan yang beroperasi agar memenuhi syarat laik jalan," kata Kepala Dishub Kobar Amir Hadi di Pangkalan Bun, Rabu.

Amir mengatakan, pemenuhan aspek-aspek tersebut, yang mendasari dalam keselamatan berlalu lintas penting untuk dilaksanakan.

"Ini sebagai upaya, agar terciptanya keselamatan di jalan dan terciptanya kenyamanan bersama dengan pengguna jalan lainnya," ucapnya.

Hal tersebut disampaikan Amir, setelah pihaknya melakukan sosialisasi terhadap perusahaan angkutan umum yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kobar beberapa waktu lalu.

Baca juga: DPMD Kotawaringin Barat sediakan Poli Konsultasi bantu BUMDes berkembang

Dia menyampaikan, tujuan sosialisasi tersebut yaitu untuk meningkatkan kesadaran untuk mengutamakan keselamatan lalu lintas kepada pelaku angkutan umum demi terciptanya keselamatan dan kenyamanan bersama dalam berlalu lintas.

Amir juga mengatakan, pentingnya uji berkala kendaraan bermotor khususnya kendaraan angkutan umum untuk memastikan kendaraan yang laik jalan.

Sosialisasi tersebut juga dihadiri aoey7wkí Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kobar, pejabat di lingkungan Dishub, Pengurus DPC Organda Angkutan Khusus Pelabuhan Kumai, dan Operator Angkutan Umum.

Amir mengimbau kepada para pelaku angkutan umum, untuk mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku.

 "Tolong perhatikan aspek teknis laik jalan kendaraan, karena itu untuk keselamatan dan kenyamanan kita bersama," demikian Amir Hadi.

Baca juga: Pj Bupati Kobar serahkan penganugerahan SAKIP Award 2023

Baca juga: Pj Bupati: Berikan rasa aman bagi masyarakat Kobar.

Baca juga: Sebanyak 36 Kades terpilih dan lima PAW di Kobar resmi dilantik