Ratusan peserta ikuti Turnamen Catur Nataru Cup II di Palangka Raya

id DAD Kalteng,Ketua DAD KAlteng Agustiar Sabran ,Palangka Raya,Turnamen Catur Nataru Cup II

Ratusan peserta ikuti Turnamen Catur Nataru Cup II di Palangka Raya

Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran (kanan) bermain dengan salah satu peserta catur usai mengikuti kegiatan pembukaan Open Turnamen Catur Nataru Cup II yang dilaksanakan di Palangka Raya, Rabu (27/12/2023). ANTARA/Adi Wibowo  

Palangka Raya (ANTARA) - Ratusan peserta dari berbagai kabupaten dan kota yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah mengikuti Open Turnamen Catur Natal dan Tahun Baru (Nataru) Cup II yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya.

Ketua Panitia Open Turnamen Catur Nataru Cup II se-Kalteng Hasan Nudinoor di Palangka Raya, Rabu, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan oleh pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng dengan tujuan untuk memeriahkan Nataru yang kedua kalinya.

"Turnamen Catur Nataru Cup II ini mempertandingkan kategori umum, pelajar dan disabilitas, dengan peserta sekitar 180 lebih. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Dandang Tingang Kota Palangka Raya selama dua hari," kata Hasanudin Noor.

Ia juga menuturkan, turnamen Nataru Cup II ini merupakan turnamen rutin setiap tahunnya yang digelar oleh DAD Kalteng. Turnamen tersebut juga merupakan upaya DAD Kalteng terutama di bidang olahraga untuk mencari atlet-atlet di daerah untuk mengasah kemampuan atlet.

Sehingga para atlet ke depan diharapkan memiliki potensi bertarung di ajang yang lebih tinggi lagi yakni di kancah nasional hingga dunia.

Baca juga: Gubernur Kalteng ingin pembangunan beri 'multiplier effect' bagi masyarakat
 
"Turnamen ini juga bermaksud untuk membina kerukunan dan kebersamaan antar umat beragama antara kelompok sehingga bersama-sama menjalankan kegiatan pembangunan di provinsi setempat, sehingga Kalteng semakin berkah," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalteng, Saiful yang diwakili oleh Suparman mengatakan, saat ini perkembangan catur di Kalteng mulai berkembang dengan baik.

Hal itu dibuktikan dengan adanya atlet-atlet catur Kalteng yang berhasil lolos ke Pekan Olahraga nasional (PON) 2024 yang akan dilaksanakan di Sumatera Utara dan Aceh.

Maka karena itu, dirinya mengucapkan terimakasih kepada dan penghargaan kepada pecinta olahraga catur di Kalteng, terutama Ketua Umum DAD Kalteng yang juga Wakil Ketua Umum PB Percasi, Agustiar Sabran.

"Kami Percasi Kalteng memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pecinta catur di provinsi ini dalam mendukung perkembangan olahraga catur khususnya," demikian Suparman.

Baca juga: Dishanpang Kalteng: Harga cabai cenderung mengalami penurunan

Baca juga: Wagub Kalteng harapkan damai Natal membawa semangat baru

Baca juga: Gerakan Pangan Murah Pemprov Kalteng semarakkan Peringatan Hari Ibu