Pimpin HUT ke-71, gubernur doakan Kotim semakin maju dan bermartabat

id Pimpin HUT ke-71, gubernur doakan Kotimsemakin maju dan bermartabat, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, bupati kotim, gubernur kalteng, sugi

Pimpin HUT ke-71, gubernur doakan Kotim semakin maju dan bermartabat

Bupati Kotim Halikinnor menyerahkan potongan tumpeng pertama pada Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kabupaten Kotawaringin Timur, Minggu (7/1/2024). ANTARA/Devita Maulina

Sampit (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran memimpin langsung upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kabupaten Kotawaringin Timur, seraya mendoakan agar kabupaten ini semakin maju dan bermartabat di segala bidang. 

“Selamat HUT ke-71 Kotim, mudah-mudahan Kotim tambah maju dan bermartabat di segala bidang. Pembangunan infrastruktur sampai ke desa-desa dan pelayanan masyarakat semakin berkualitas, masyarakatnya pun semakin makmur,” ucapnya di Sampit, Minggu. 

Sempat tertunda satu jam dari jadwal, upacara peringatan HUT ke-71 Kotim tetap terlaksana dengan penuh khidmat dan meriah. Disertai dengan tarian daerah yang dibawakan pelajar SMPN 4 Sampit, atraksi reog Gembong Mentaya dan barongsai dari Perkumpulan Seni Tari Barongsai Klenteng Harmoni Kehidupan. 

Upacara digelar di lapangan Stadion 29 Nopember Sampit itu dihadiri Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran, Ketua TP PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Muhammad Reza Prabowo, jajaran Pemprov Kalteng lainnya, serta perwakilan kabupaten/kota se-Kalteng. 

Sedangkan dari sisi tuan rumah ada Bupati Kotim Halikinnor, Wakil Bupati Kotim Irawati, Sekda Kotim Fajrurrahman, Ketua TP PKK Kotim Khairiah Halikinnor, Ketua DPRD Kotim Rinie Anderson dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kepala OPD dan Camat, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, dan lainnya. 

Sugianto yang bertindak sebagai inspektur upacara kala itu menyampaikan sejumlah pencapaian Pemprov Kalteng yang tentunya berimbas pada kabupaten/kota yang ada di dalamnya. 

Mulai dari pertumbuhan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sejak ia menjabat sebagai Gubernur Kalteng pada 2015 silam yang semula sekitar Rp3,7 triliun, kemudian pada 2024 mencapai Rp8,6 triliun.

“Seiring dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita targetkan APBD tahun 2025 bisa mencapai Rp10 triliun. Dengan begitu, pembangunan di daerah kita tentu lebih maju lagi,” katanya. 

Baca juga: Gubernur salurkan bansos dan luncurkan beasiswa Kalteng Berkah di Kotim

Selanjutnya ia menyampaikan, pertumbuhan ekonomi di wilayah Kalteng yang semakin berkembang, meski sempat terpuruk karena pandemi COVID-19 namun kini sudah membaik. 

Bahkan, Kalteng tercatat sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi paling signifikan di Pulau Kalimantan. Kalteng juga terbilang berhasil dalam penanganan inflasi, sehingga berada di peringkat ke-8 dengan inflasi terendah secara nasional. 

Kondisi ini tentunya tak lepas dari sinergisitas Pemprov Kalteng dan Pemkab maupun Pemkot. Sehingga, ia mengajak Pemkab dan Pemkot di Kalteng selalu menjaga sinergi tersebut demi Kalteng BERKAH. 

Sementara itu, Halikinnor menuturkan usia ke-71 terbilang matang untuk Kabupaten Kotim, bahkan jika disamakan dengan manusia pada usia tersebut seharusnya sudah banyak pengalaman yang dimiliki. 

“Oleh sebab itu, pada usia ke-71 tahun ini, kita mengawali tahun 2024 agar lebih baik dibanding tahun 2023,” Sebutnya. 

Lanjutnya, banyak tantangan dan hambatan yang dilalui pada tahun 2023, di antaranya keterbatasan anggaran dampak pandemi COVID-19 dan keperluan membayar hutang daerah. 

Semua itu dapat dilalui dengan baik, terbukti dengan 36 prestasi yang diraih Kotim pada tahun 2023, baik penghargaan tingkat provinsi maupun nasional, sehingga ia yakin pada 2024 bisa lebih baik. 

Baca juga: Bawaslu Kotim tegur empat peserta pemilu karena tak gunakan STTP

Baca juga: Tunda acara hiburan, Pemkab Kotim shalat hajat sambut HUT ke-71

Baca juga: Disbudpar Kotim apresiasi warga renovasi sandung berusia ratusan tahun