Masyarakat Bartim diimbau siaga banjir

id Masyarakat Bartim diimbau siaga banjir, kalteng, bartim, Barito Timur, cuaca

Masyarakat Bartim diimbau siaga banjir

Penjabat Bupati Bartim, Indra Gunawan. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan mengimbau seluruh masyarakatnya untuk siaga potensi banjir di wilayah masing-masing.

“Kita sudah keluarkan imbauan untuk mewaspadai bencana banjir maupun longsor dan bencana lainnya,” kata Indra Gunawan di Tamiang Layang, Senin.

Menurutnya, saat ini hujan terus melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Barito Timur. Hujan bisa terjadi pada malam hingga dini hari. Oleh karena itu, jika hujan lebat dalam waktu yang lama maka perlu diwaspadai.

“Terlebih lagi bagi mereka (masyarakat) yang tinggal di daerah rendah, dekat aliran sungai dan bendungan,” kata Indra.

Dia menambahkan, jika terjadi banjir maka hal pertama yang perlu diamankan yakni anggota keluarga, terutama anak balita dan lanjut usia, berkas-berkas penting, aliran listrik maupun hal lain yang membahayakan jiwa manusia.

Menurutnya, jika kondisi atau intensitas air semakin meningkat maka perlu dilakukan diupayakan evakuasi ke tempat yang aman serta melaporkan ke aparat desa atau kelurahan setempat.

Baca juga: Camat Dusun Tengah: Puing Jembatan Belanda ditemukan

“Saya juga minta kepala desa dan camat untuk memperhatikan kondisi wilayahnya masing-masing,” tegas Indra.

Forecaster pada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut, Ihsan menyampaikan bahwa atmosfer dalam waktu sepekan tanggal 8 – 14 Januari 2024 terpantau Kabupaten Barito Timur sebagai wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

“Suhu udara berkisar 23 derajat celcius hingga 32 derajat celcius, kelembaban udara berkisar antara 65 persen hingga 100 persen. dan angin pada umumnya bertiup dari barat ke timur laut dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 20 kilometer per jam,” kata Ihsan.

Petugas Stasiun Meteorologi Kelas IV Sanggu, Taufik menambahkan, perlu waspada berpotensi terjadinya hujan  dengan intensitas hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir dan berlangsung hingga tiga hari ke depan.

“Curah hujan diprediksi periode pertengahan Januari 2024 hingga pertengahan Februari 2024 di prediksi pada kategori menengah dengan sifat hujan normal hingga atas normal,” demikian Taufik.

Baca juga: Calon direktur PDAM Bartim wajib tandatangani pakta integritas

Baca juga: Pj Bupati Bartim: Kemenag miliki tugas berat jaga harmoni kehidupan beragama

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim minta realisasi anggaran 2024 lebih maksimal