Pemkab Kapuas terima Anugerah Parahita Ekapraya 2023

id Pemkab Kapuas terima Anugerah Parahita Ekapraya2023, kalteng, kapuas, Kuala kapuas

Pemkab Kapuas terima Anugerah Parahita Ekapraya 2023

Penjabat Bupati Kapuas Erlin Hardi, didampingi Sekda Kapuas Septedy saat menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2023 Kategori Madya, Minggu (7/1/2024) malam. ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menerima  penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2023 Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia.

“Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penganugerahan yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan pemerintah provinsi serta pemerintah daerah kabupaten/kota sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang pembangunan,” kata Penjabat Bupati Kapuas, Erlin Hardi, di Kuala Kapuas, Senin.

Hal itu disampaikan oleh orang nomor satu di kabupaten setempat ini, usai penyerahan penghargaan dilaksanakan di ruang rapat rumah jabatan Bupati Kapuas. Dia didampingi Sekda Kapuas Septedy.

Atas hasil yang didapatkan tersebut, Erlin Hardi menyampaikan rasa bangganya dikarenakan penghargaan yang diterima pemerintah kabupaten setempat ini menandakan bentuk perhatian dari pemerintah daerah dalam kesetaraan gender di wilayah kabupaten setempat.

Baca juga: DPMD Kapuas perkuat kerjasama pemerintahan desa dengan DPRD Tabalong
 

“Tentunya ini juga merupakan hasil dari kerja keras semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan dapat dijadikan sebagai pemicu serta semangat kita berikutnya dalam memperhatikan lagi terkait kesetaraan gender di semua lini kehidupan bermasyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Kapuas, dr Tri Setyautami, menjelaskan, bahwa anugerah yang diterima Pemkab Kapuas ini atas hasil evaluasi mandiri dari pengarusutamaan gender dari tahun 2021 dan 2022.

“Evaluasinya dilaksanakan setiap tahun, tetapi untuk penghargaannya tiap dua tahun sekali. Hal-hal yang dilakukan penilaian diantaranya kelembagaan pengarusutamaan gender, penyelenggaraan dari pengarusutamaan gender serta inovasi dalam rangka kesetaraan gender,” demikian Tri Setyautami.

Baca juga: Polisi tangkap seorang pemuda perkosa anak dibawah umur di Kapuas

Baca juga: PBS di Kapuas diminta berperan aktif sukseskan Pemilu 2024

Baca juga: Disarpustaka Kapuas torehkan ragam capaian pada 2023