LKBN ANTARA berperan penting sebarkan konten komprehensif tentang haji

id lkbn antara,dirut antara,akhmad munir,konferensi haji internasional,jeddah

LKBN ANTARA berperan penting sebarkan konten komprehensif tentang haji

Direktur Utama LKBN ANTARA Akhmad Munir menjadi salah satu pembicara dalam gelaran konferensi haji internasional, Hajj and Umrah Services Conference and Exhibition (HUSCE) 2024, di Jeddah, Arab Saudi, Kamis. (ANTARA/Citro Atmoko)

Jeddah (ANTARA) - Direktur Utama LKBN ANTARA Akhmad Munir mengatakan ANTARA sebagai salah satu media di tanah air memainkan peran penting dalam menyebarkan konten yang komprehensif dan informatif tentang haji.


“Melalui program berita, ANTARA memberikan liputan mendalam tentang haji yang akan membimbing calon jamaah dengan informasi penting tentang ritual, prosedur, dan makna haji untuk memastikan mereka mendapat informasi lengkap sebelum memulai perjalanan penting ini,” ujar Munir saat menjadi salah satu pembicara dalam gelaran konferensi haji internasional, Hajj and Umrah Services Conference and Exhibition (HUSCE) 2024, di Jeddah, Arab Saudi, Kamis.

Menurut Munir, ANTARA sebagai kantor berita Indonesia memiliki peranan yang sangat besar untuk melaporkan ibadah haji kepada masyarakat Indonesia, baik yang berada di seluruh penjuru Indonesia maupun luar negeri.

Pada 2023, ANTARA memproduksi lebih dari 2.000 berita multiplatform tentang haji, baik foto, video, artikel, infografis, dan podcast. Berita itu dibuat oleh wartawan di 32 kantor biro di seluruh Indonesia, tiga biro luar negeri dan lima wartawan di Makkah.

“Beragam platform media ini memainkan peran penting dalam menjembatani jarak geografis, membangun hubungan budaya, dan menyatukan narasi jamaah haji baik di Indonesia maupun di Makkah,” kata Munir.



Sebagai Kantor Berita Nasional Indonesia, lanjut Munir, berita ANTARA diterbitkan ulang oleh lebih dari 400 outlet berita di Indonesia dan luar negeri serta puluhan situs resmi pemerintah Indonesia. Berita ANTARA juga menjadi rujukan warga Indonesia yang ingin mencari tahu tentang prosesi haji.

Munir menyampaikan, selain sebagai konten informatif dan edukasi, pelaporan haji juga berperan merekam pengalaman spiritual para jamaah haji. Kekuatan media dalam merangkai kisah spiritual para jamaah haji lintas benua dinilai sangat luar biasa.

“Melalui peliputan langsung dalam berbagai bentuk platform, ANTARA menciptakan jembatan pemahaman yang menghubungkan pengalaman haji para jamaah di Mekkah dengan akar mereka di Indonesia,” ujar Munir.

Baca juga: Dirut ANTARA paparkan peran pelaporan haji media di global

Baca juga: Dirut ANTARA: Pelaporan haji bagi publik untuk pastikan transparansi

Ia menambahkan, keluarga, teman, dan umat Muslim Indonesia dengan penuh semangat menyaksikan ibadah secara langsung, serta berbagi emosi, ritual, dan momen spiritual yang ditangkap oleh para wartawan melalui beragam layar.

Di sisi lain, menurut Munir, pelaporan haji juga menciptakan ikatan emosional yang melampaui batas geografis. Liputan haji berfungsi untuk membangun ikatan emosional yang melalui batas negara.

Pelaporan berita yang menggugah, gambaran visual, dan pengalaman langsung yang ditampilkan oleh ANTARA dan media-media di Indonesia akan menumbuhkan rasa kedekatan budaya yang memungkinkan masyarakat Indonesia untuk terlibat dalam perjalanan spiritual umat Muslim dunia.

“Konektivitas yang terbangun dari penyebarluasan informasi ini juga membangun hubungan emosional yang mendalam yang memungkinkan masyarakat Indonesia untuk terlibat secara langsung dalam perjalanan haji sesama umat Muslim,” kata Munir.