Sekda Kalteng sebut Smart Campus NU sebagai kaji tiru

id sekda kalteng, nuryakin, its nu kalimantan, ketua badan penyelenggara pendidikan, kalteng, kalimantan tengah, unusida, jatim

Sekda Kalteng sebut Smart Campus NU sebagai kaji tiru

Sekda Kalteng sekaligus Ketua Badan Penyelenggara Pendidikan (BPP) Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Kalimantan Nuryakin (dua dari kiri) menghadiri ground breaking pembangunan Tower II Unusida, Jawa Timur, (11/1/2023). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin mengatakan Smart Campus Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida), Jawa Timur patut menjadi kaji tiru.
 
Hal itu dia sampaikan dalam keterangan yang ANTARA terima di Palangka Raya, Sabtu (13/1). Nuryakin yang juga Ketua Badan Penyelenggara Pendidikan (BPP) Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Kalimantan menghadiri ground breaking pembangunan Tower II Unusida.
 
"Kami mengapresiasi penerapan manajemen kampus berbasis TI ini. Luar biasa, ada 19 aplikasi yang sudah digunakan dalam mendukung smart campus tersebut. Smart Campus NU ini patut jadi contoh kaji tiru kita," jelasnya.
 
Menurutnya perkembangan kampus yang berada di daerah penyangga untuk Ibu Kota Jawa Timur tersebut sangatlah bagus, terutama dalam manajemen pengelolaan kampus dengan memanfaatkan kendali teknologi informasi atau penerapan smart campus.
 
"Rektornya, menyabet penghargaan "Person Of The Year" Radar Sidoarjo dan PTNU Terbaik 2020," ucapnya.

Baca juga: Kolaborasi perkuat ketahanan pangan dan pengendalian inflasi hingga perdesaan Kalteng
 
Nuryakin mengatakan, aplikasi yang menopang manajemen pengelolaan kampus modern itu meliputi aplikasi sistem pengajaran, administrasi perkuliahan dan manajemen keaktifan mahasiswa dan dosen.
 
Selain itu juga mencakup manajemen perpustakaan, sehingga sangat mudah untuk diakses dan dimonitor melalui aplikasi berbasis web maupun android. 
 
Setiap waktu pimpinan kampus bisa memonitor apa kegiatan mahasiswa, dosen, penilaian prestasi mahasiswa dan karya dosen, hingga siapa yang sedang baca buku perpustakaan, saat itu juga.
 
"Penggajian, tunjangan dosen dan karyawan, juga mengikuti seberapa keaktifan mereka melaporkan dalam aplikasi yang nantknya dinilai oleh sistem," jelasnya.
 
Menurutnya keunggulan dalam kontrol yang baik inilah sebagai daya tarik utama, sehingga patut ditiru karena memang terbukti efektif mengelola SDM.
 
Sementara itu ground breaking pembangunan Tower II Unusida diresmikan Bupati Sidoarjo tersebut dan turut dihadiri Rektor dan atau Wakil Rektor dari 29 perguruan tinggi NU se-Nusantara, serta lainnya.
 
Dari ITSNU Kalimantan, dihadiri Ketua BPP ITSNU Nuryakin beserta jajaran, termasuk mewakili Rektor ITSNU Kalimantan Katma F. Dirun.

Baca juga: Shrimp Estate majukan sektor kelautan perikanan di Kalimantan Tengah

Baca juga: Berikut sejumlah target program Dinas ESDM Kalteng pada 2024

Baca juga: Pemprov Kalteng lakukan penajaman program prioritas pembangunan 2024