Pemkab berharap Rektor baru Untama semakin optimal tingkatkan SDM di Kobar

id Plh Sekretaris Daerah Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, Juni Gultom, kalteng, rektor Universitas Antakusuma

Pemkab berharap Rektor baru Untama semakin optimal tingkatkan SDM di Kobar

Plh Sekda Kobar Juni Gultom saat menyampaikan sambutan pada acara pelantikan Rektor Universitas Antakusuma periode 2024-2029, Rabu (17/1/2024). ANTARA/Safitri RA.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Juni Gultom menghadiri acara pelantikan Rektor  baru Universitas Antakusuma, yakni Prof Dr M Faturahman untuk periode 2024-2029.

"Semoga dibawah kepemimpinan Prof Faturahman, Universitas Antakusuma dapat terus melanjutkan tradisi akademik yang telah berjalan baik, serta meningkatkan prestasi civitas akademika kedepannya," kata Juni Gultom di Pangkalan Bun, Rabu.

Menurut dirinya, Universitas Antakusuma (untama) memiliki nilai yang startegis pada aspek pembangunan sumber daya manusia, terutama dari segi akses masyarakat terhadap pendidikan tinggi. Ditambah lagi, Untama hadir sebagai jawaban atas keterbatasan masyarakat kobar dan sekitarnya.

"Termasuk untuk mengikut sertakan anak-anaknya kedalam jenjang pendidikan tinggi, yang sebelumnya mesti keluar daerah dulu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi tersebut," kata Juni Gultom.

Dia mengungkapkan, Untama adalah salah satu pilar penting pada pondasi pembangunan daerah, terutama dalam segi penyiapan SDM dan tenaga kerja terampil, handal dan unggul di bidangnya masing-masing.

"Kami pemerintah daerah berharap untama ini dapat terus meningkatkan kualitas mutu pendidikannya, terutama Kompatibel dengan arus kemajuan teknologi informasi," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Kobar jadikan peringatan pertempuran 14 Januari 1946 sebagai agenda rutin

Tidak hanya itu, Pemkab Kobar juga berharap untama tidak hanya terfokus pada pendidikan saja, tetapi juga dapat menjadikan Kabupaten Kobar ini sebagai ladang riset dan pengabdian, sehingga dapat mengisi dan menjembatani ruang antara pemerintah dan masyarakat, dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan perekonomian daerah.

Juni menyampaikan, bahwa kedepannya pemerintah daerah sangat terbuka dan menyambut baik, setiap inisiatif dan kreativitas civitas akademika untama dalam membangun daerah.

"Saya ucapkan selamat kepada rektor yang baru saja di lantik, semoga kedepannya untama ini dapat semakin maju dan berkembang serta terus mencetak generasi yang handal dan unggul, serta bersinergi yang baik dengan pemerintah daerah," demikian Juni Gultom.

Baca juga: DP3AP2KB Kobar raih lima penghargaan selama 2023

Baca juga: Pj Bupati Kobar minta masyarakat tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir

Baca juga: Dinkes lakukan pemeriksaan kesehatan terhadap calon jemaah haji asal Kobar