Pemprov Kalteng apresiasi partisipasi Baznas tingkatkan kesejahteraan masyarakat

id pemprov kalteng, sekda kalteng nuryakin, bedah rumah, baznas kalteng, kalteng, kalimantan tengah

Pemprov Kalteng apresiasi partisipasi Baznas tingkatkan kesejahteraan masyarakat

Penyerahan secara simbolis rumah yang telah selesai dikerjakan renovasinya melalui program bedah rumah Baznas Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Rabu (31/1/2024). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsin Kalimantan Tengah mengapresiasi partisipasi aktif Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang berpartisipasi secara aktif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Sekda Kalimantan Tengah Nuryakin di Palangka Raya, Rabu, mengatakan, bersama-sama hari ini menyaksikan salah satu bukti nyata dari kebermanfaatan zakat melalui program renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi Rumah Layak Huni (RLH) yang dilaksanakan Baznas.
 
"Program yang beberapa tahun terakhir secara berkelanjutan dilaksanakan oleh Baznas," terangnya.
 
Nuryakin menyampaikan pengentasan kemisikinan dan meningkatkan kesejahteraan warga adalah bagian dari tujuan pembangunan.
 
Melalui program yang ada, Baznas Kalimantan Tengah ikut berpartisipasi dengan menjalankan amanah mengelola zakat, infak maupun sedekah bagi kemaslahatan mustahik. 
 
"Sebagai amil, Baznas memfasilitasi para muzaki membersihkan dirinya dan hartanya, mendoakan agar para muzaki dan keluarganya mendapat ketentraman, serta zakat yang disalurkan telah dimanfaatkan untuk kesejahteraan saudara kita yang membutuhkan," jelasnya.

Baca juga: Pengendalian inflasi jadi prioritas, Pemprov laksanakan Gerakan Pangan Murah hingga Murung Raya
 
Sedangkan bagi para mustahik, ini adalah tekad agar mustahik merasa tidak hidup sendiri tanpa diperhatikan nasibnya oleh orang lain.
 
Ketua Baznas Kalimantan Tengah Mustain Khaitami mengatakan pada hari ini telah diserahkan salah satu hasil dari pelaksanaan program bedah rumah Baznas.
 
Adapun rumah yang mendapatkan bantuan program bedah rumah tersebut adalah milik Husna di Jalan Mendawai VII Kota Palangka Raya. Selain di Palangka Raya, bantuan program bedah rumah dari Baznas Kalimantan Tengah ini tersebar di berbagai kabupaten lainnya.
 
"Total ada sebanyak 25 rumah yang mendapatkan bantuan program bedah rumah dari Baznas Kalimantan Tengah ditambah sebanyak dua unit rumah lainnya untuk pelaksanaan program serupa dukungan dari REI Kalimantan Tengah," jelasnya.

Baca juga: Kalteng mampu jadikan nol desa kategori sangat tertinggal

Baca juga: FBIM dan Festival Babukung masuk kalender budaya nasional 2024

Baca juga: Pemprov Kalteng akselerasi pengadaan barang dan jasa pacu perekonomian daerah