Nominator Paritrana Award Kalteng mulai diseleksi

id Paritrana Award tingkat kalteng, Provinsi Kalimantan Tengah, Kalteng, Paritrana Award

Nominator Paritrana Award Kalteng mulai diseleksi

Seleksi wawancara Paritrana Award tingkat Provinsi Kalteng yang dipusatkan di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur setempat. ANTARA/HO-BPJS Ketenagakerjaan

Palangka Raya (ANTARA) - Sejumlah nominator atau kandidat Paritrana Award di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk penilaian tahun 2023, mulai dilakukan seleksi berupa wawancara yang dipusatkan di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur setempat.

"Tujuan dari kegiatan paritrana award ini adalah meningkatkan kepedulian dan peran aktif badan usaha serta pemerintah dalam meningkatkan perlindungan Jamsostek," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kalteng, Farid Wajdi melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya, Selasa.

Paritrana Award merupakan program pemerintah yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), dan BPJS Ketenagakerjaan.

Penghargaan ini dalam rangka memberikan apresiasi kepada pemda, pelaku usaha, yang telah mendukung implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Faird menambahkan, melalui program ini, pemerintah baik, pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dan Pemerintah Desa didorong semakin aktif dalam meningkatkan perlindungan jamsostek.

"Termasuk dalam melindungi pekerja miskin dan tidak mampu, meningkatkan kepatuhan dan kepedulian pemberi kerja atau badan usaha terhadap peraturan jamsostek dan pekerja rentan di sekitarnya," katanya.

Kemudian, lanjut Farid, juga untuk memperluas kemanfaatan Jamsostek serta meningkatkan kesejahteraan dan mencegah kemiskinan baru.

"Saat ini kita lagi sedang memberikan penilaian kepada para kandidat baik dari unsur perusahaan maupun unsur pemerintahan yang telah diseleksi," katanya.

Kemudian nanti akan ada penilaian di antara perusahaan dan pemerintah daerah itu yang paling layak untuk nanti kita pertandingkan ke tingkat pusat.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan siap lindungi pekerja kebun sawit

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Palangka Raya yang diwakili oleh Kepala Bidang Kepesertaan Ariane Chaterina menyampaikan bahwa dengan diadakannya anugerah Paritrana Award dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dan perusahaan lain untuk lebih termotivasi memberikan perlindungan kepada seluruh pekerjanya.

"Semoga Anugerah Paritrana ini menjadi pemicu semangat yang dapat memotivasi semua pihak, agar perlindungan menyeluruh bagi seluruh pekerja khususnya di Palangka Raya dapat segera terwujud," kata Ariane.

Baca juga: Jaminan sosial bagi pekerja rentan tak lepas dari perhatian Pemkot-BPJAMSOSTEK

Baca juga: BPJAMSOSTEK Palangka Raya bayarkan 15.420 klaim Jaminan Hari Tua

Baca juga: Staf Ahli Gubernur Kalteng hadiri 'Housewarming' ruang layanan BPJAMSOSTEK