OJK wujudkan Lalang menjadi Desa Cakap Keuangan

id ojk kalteng, otoritas jasa keuangan, otto fitriandy, desa cakap keuangan, desa lalang kobar, pangkalan bun, desa wisata

OJK wujudkan Lalang menjadi Desa Cakap Keuangan

Kepala OJK Kalteng, Otto Fitriandy. (ANTARA/HO-OJK)

Palangka Raya (ANTARA) -
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berupaya mewujudkan Desa Lalang, Kecamatan Kotawaringin Lama, Kabupaten Kotawaringin Barat menjadi Desa Cakap Keuangan.
 
"Desa Cakap Keuangan merupakan program peningkatan pemahaman masyarakat desa terhadap lembaga, produk maupun layanan jasa keuangan konvensional dan syariah," kata Kepala OJK Kalteng, Otto Fitriandy di Palangka Raya, Rabu.
 
Untuk mewujudkannya dilaksanakan melalui kegiatan pembekalan dalam bentuk training of trainers (TOT) kepada perangkat desa, ataupun edukasi oleh perangkat desa kepada masyarakat.
 
Terkait hal itu, OJK Kalteng telah mengimplementasikannya dengan bersinergi dan kolaborasi bersama pemerintah desa dan Bank Kalteng dalam rangka mewujudkan Desa Lalang sebagai desa cakap keuangan.
 
Salah satunya melalui pelaksanaan kegiatan edukasi keuangan yang melibatkan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Baca juga: Gubernur harapkan putra-putri terbaik Kalteng menjadi Menteri
 
Dia menyampaikan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan, produk dan layanan jasa keuangan, sehingga pada akhirnya dapat terhindar dari iming-iming investasi ilegal.
 
"Saya berharap Desa Lalang dapat menjadi Desa Wisata yang inklusif dan meningkatkan pengelolaan keuangan masyarakat dalam bidang UMKM untuk perempuan," tutur Otto Fitriandy.
 
Kepala Desa Lalang, Muhammad Alfansuri menyampaikan, desanya memiliki potensi untuk menjadi desa wisata dengan ekosistem yang memadai baik dari pelatihan UMKM bagi perempuan masyarakat desa, hingga penyediaan layanan jasa keuangan.
 
"Saya berharap kegiatan ini semakin meningkatkan literasi keuangan dan memberikan pendampingan pengelolaan keuangan yang baik bagi masyarakat, agar kesejahteraan masyarakat dan pelaku UMKM di Desa Lalang juga semakin berkembang," ujarnya.

Baca juga: Pemprov lengkapi pembangunan Bundaran Besar dengan RTH

Baca juga: Pemprov Kalteng dorong pengembangan Lumbung Pangan Masyarakat

Baca juga: KKPD wujudkan digitalisasi pembayaran lingkup Pemprov Kalteng