Ratusan pelajar SMA di Gunung Mas ikuti seleksi Paskibraka

id Ratusan pelajar SMA di Gunung Mas ikuti seleksi Paskibraka, kalteng, gumas, Gunung mas

Ratusan pelajar SMA di Gunung Mas ikuti seleksi Paskibraka

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing dan Kepala Badan Kesbangpol Sugiarto berfoto bersama usai mengikuti pembukaan rapat rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten di Kuala Kurun, Selasa (27/2/2024). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Sugiarto mengatakan sebanyak 215 pelajar SMA sederajat mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) kabupaten setempat tahun 2024.

Setelah menjalani berbagai tahapan seleksi, dari 215 pelajar tadi hanya 85 pelajar yang bisa lanjut seleksi kesehatan, ucapnya kepada awak media di Kuala Kurun, Selasa.

“Dari 215 pelajar yang mengirimkan berkas pendaftaran, ada 131 pelajar yang lulus administrasi. Selanjutnya mereka mengikuti seleksi Pancasila dan wawasan kebangsaan yang dipusatkan di Kuala Kurun, Senin (18/3) kemarin,” sambungnya.

Dari 131 pelajar yang mengikuti seleksi Pancasila dan wawasan kebangsaan, sebanyak 105 pelajar dinyatakan lulus dan bisa mengikuti tes berikutnya yakni seleksi intelegensia umum. Hasilnya 85 pelajar dinyatakan lulus seleksi intelegensia umum.

85 pelajar yang dinyatakan lulus seleksi intelegensia umum tadi kemudian mengikuti tes kesehatan dan seleksi parade pada Selasa (19/3). Setelah itu mereka masih harus mengikuti sejumlah tahapan seleksi hingga beberapa hari ke depan.

Baca juga: Legislator Gunung Mas ajak masyarakat jaga objek wisata alam

Tahapan seleksi selanjutnya yakni seleksi Peraturan Baris Berbaris (PBB) pada Rabu (20/3), seleksi kesamaptaan pada Kamis (21/3), dan seleksi kepribadian pada Jumat (22/3). Semua dipusatkan di Kuala Kurun.

“Mohon doanya agar semua tahapan seleksi Paskibraka Gunung Mas 2024 bisa berjalan dengan baik dan lancar,” kata mantan Camat Manuhing itu.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing mengatakan seleksi Paskibraka tingkat kabupaten tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Jika sebelumnya seleksi dilakukan di bawah Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, tahun 2024 ini dilakukan di bawah Badan Kesbangpol, ucapnya di Kuala Kurun, Selasa (27/2).

“Saya harap proses seleksi berjalan dengan baik, sehingga mereka yang terpilih adalah mereka yang benar-benar berkualitas,” demikian Efrensia.

Baca juga: Bantuan pangan Maret 2024 mulai disalurkan di Gunung Mas

Baca juga: Pemkab Gumas anggarkan Rp2 miliar rekonstruksi jalan di Manuhing Raya

Baca juga: PMI Gunung Mas bantu puluhan masyarakat jalani operasi katarak