Pemkab Gumas anggarkan Rp2 miliar rekonstruksi jalan di Manuhing Raya

id pemkab gunung mas, 2 miliar perbaikan jalan manuhing raya, bupati jaya s monong, kuala kurun, gunung mas

Pemkab Gumas anggarkan Rp2 miliar rekonstruksi jalan di Manuhing Raya

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong, Kepala DPU kabupaten Baryen, dan Plt Kabid Bina Marga Bambang Jaya dan lainnya saat meninjau ruas jalan antar kecamatan di wilayah Kecamatan Manuhing Raya, Kamis (29/2/2024). (ANTARA/HO-DPU Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, menyiapkan anggaran sekitar Rp2 miliar untuk melakukan rekonstruksi jalan antar kecamatan di wilayah Manuhing Raya.
 
Rekonstruksi jalan meliputi sejumlah pengerjaan, kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gunung Mas Baryen melalui Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang Bina Marga Bambang Jaya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Sabtu.
 
“Rekonstruksi meliputi merapikan badan jalan, peninggian badan jalan di dua titik yang rawan banjir, serta pengaspalan sepanjang beberapa ratus meter di wilayah Desa Luwuk Tukau yang ada penduduk,” sambungnya.
 
Dia menjelaskan, jalan antara Kecamatan Manuhing dan Manuhing Raya sebagian sudah beraspal, dan sekitar 15 kilometer belum beraspal. Jalan yang belum beraspal tadi berada di wilayah Kecamatan Manuhing Raya.
 
Jalan yang belum beraspal tadi sekaligus merupakan jalan penghubung antardesa di wilayah Kecamatan Manuhing Raya, yakni Tumbang Mantuhe - Putat Durei - Tumbang Samui – Tumbang Oroi - Luwuk Tukau.

Baca juga: PMI Gunung Mas bantu puluhan masyarakat jalani operasi katarak
 
Anggaran senilai Rp2 miliar tentunya tidak memungkinkan digunakan untuk mengaspal jalan sepanjang 15 km. Oleh sebab itu, anggaran tersebut digunakan untuk merapikan badan jalan, peninggian badan jalan di dua titik yang rawan banjir, serta pengaspalan beberapa ratus meter di wilayah Desa Luwuk Tukau yang ada penduduk.
 
“Sekarang sedang proses tender. Semoga semua berjalan dengan lancar,” beber Bambang Jaya.
 
Untuk diketahui, Bupati Gunung Mas Jaya S Monong, bersama Kepala DPU kabupaten dan Plt Kabid Bina Marga, sudah meninjau ruas jalan antarkecamatan di wilayah Kecamatan Manuhing Raya pada 29 Februari 2024 lalu.
 
Bupati Gunung Mas menegaskan bahwa rekonstruksi jalan bertujuan untuk mendukung konektivitas antarkecamatan dan antardesa.
 
“Selain itu juga untuk pembangunan yang merata di wilayah Gunung Mas,” demikian Jaya.

Baca juga: Tim gabungan evakuasi jasad warga tenggelam di Sungai Kahayan

Baca juga: Legislator Gumas ingatkan warga waspadai korsleting listrik saat banjir

Baca juga: Ribuan jiwa terdampak banjir di Gunung Mas