Penjabat Bupati Katingan panen raya padi di Katingan Kuala

id Bupati Katingan panen raya padi di Katingan Kuala, kalteng, katingan, kasongan, padi, sawah

Penjabat Bupati Katingan panen raya padi di Katingan Kuala

Bupati Katingan panen raya padi di Kecamatan Katingan Kuala. ANTARA/Naslee

Kasongan (ANTARA) - Penjabat Bupati Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng) Saiful bersama kelompok tani dan masyarakat di Desa Subur Indah, Kecamatan Katingan Kuala melaksanakan panen raya padi.

"Saya mengucapkan selamat dan sukses atas panen raya ini kepada petani di Desa Subur Indah Kecamatan Katingan Kuala. Sejauh ini petani berhasil memetik jerih payahnya sehingga berhasil memanen padi yang melimpah tahun ini," kata Saiful di Kasongan, Rabu.

Panen raya tersebut juga turut hadir Ketua Penggerak PKK Katingan Sumiati Saiful, sejumlah Kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat dan masyarakat setempat.

Proses panen padi tersebut sudah dilakukan secara modern menggunakan alat dan mesin pengolahan hasil pertanian yang merupakan bantuan dari pemerintah.

Dia pun berharap usaha para kelompok tani dan masyarakat di desa Subur Indah dalam membudidayakan padi ini semakin sukses dan berkembang. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Katingan Kuala.

Baca juga: Bupati Katingan: Pembangunan harus memicu peningkatan kualitas hidup

"Yang tidak kalah penting, hasil panen padi ini juga dapat memperkuat ketahanan pangan dan menambah stok padi di Kabupaten Katingan, sehingga inflasi tetap terkendali," kata Saiful.

Dia juga mengajak kelompok tani dan masyarakat untuk terus giat turun ke sawah untuk membudidayakan padi karena pemerintah akan selalu mendukung dengan memberikan bantuan. Bantuan itu di antaranya seperti alat dan mesin pengolahan hasil pertanian serta bantuan lainnya.

Semua camat dan kepala desa di Kabupaten Katingan juga diminta mengawasi pemanfaatan alat mesin pertanian bantuan pemerintah.

"Hal tersebut dimaksudkan agar tidak disalahgunakan apalagi dijual, karena alat mesin pertanian harus digunakan untuk kepentingan kelompok tani bukan dikuasai perorangan," katanya.

Dia juga meminta camat dan kepala desa dapat melakukan pengawasan dan pemanfaatan irigasi serta alsintan yang diperoleh melalui bantuan pemerintah untuk kepentingan bersama.

"Kami berharap sektor pertanian menjadi salah satu andalan Kabupaten Katingan sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat," kata Saiful.

Baca juga: Pemkab Katingan-pemprov tingkatkan kolaborasi kendalikan inflasi

Baca juga: 718 PPPK Katingan terima SK pengangkatan pegawai

Baca juga: Penjabat Bupati Katingan ajak umat beragama selalu jaga toleransi