WhatsApp dukung pengguna untuk 'pin' lebih dari satu pesan

id whatsapp,pin chat whatsapp,fitur whatsapp

WhatsApp dukung pengguna untuk 'pin' lebih dari satu pesan

Ilustrasi - WhatsApp kali ini tengah bersiap meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna membuat stiker sendiri khususnya pengguna untuk sistem operasi Android. ANTARA.Pixabay/pri. (ANTARA.Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - WhatsApp kini dapat mendukung penggunanya untuk menyematkan atau melakukan "Pin" pada lebih dari satu pesan dalam sebuah obrolan.

Kabar ini disampaikan WhatsApp lewat akun media sosial X mereka yang menyebutkan kini pengguna setidaknya bisa menyematkan hingga tiga pesan baik dalam obrolan individu maupun grup.

Sebenarnya fitur menyematkan pesan atau "Pin Message" sudah ada di WhatsApp sejak Desember 2023 namun saat itu aplikasi hanya memberikan kemampuan pada pengguna untuk menyematkan satu pesan saja dalam satu obrolan.

Baca juga: WhatsApp lakukan uji coba perpanjang video status hingga 60 detik

Adapun pesan yang disematkan dapat berupa jenis bentuk baik itu teks, gambar, maupun polling untuk mempermudah jajak pendapat di grup.

Untuk menyematkan pesan, pengguna harus menekan pesan agak lama, memilih "Sematkan" atau "Pin" dari menu, dan pilih durasinya.

Pesan akan disematkan selama tujuh hari secara otomatis, namun pengguna juga dapat menyematkannya dengan durasi berbeda yaitu selama 24 jam atau 30 hari.

Baca juga: WhatsApp lakukan uji coba fitur 'edit' stiker di Android

Setelah jangka waktu tersebut, pesan tersemat akan otomatis lepas jika tidak dilepas secara manual oleh pengguna. 

Selain itu, saat pengguna mengeklik pesan yang disematkan, pengguna dapat menavigasi ke seluruh pesan tersebut dalam percakapan.

Baca juga: WhatsApp luncurkan fitur pencarian pesan berdasarkan tanggal

Dalam obrolan grup, admin grup dapat mengizinkan anggota untuk menyematkan pesan, dan ketika sebuah pesan disematkan, semua anggota grup tersebut akan diberi tahu tentang hal itu.

Meski demikian, pengguna yang bergabung dengan grup setelah pesan dipasangi pin tidak akan melihatnya. Mereka yang tidak memiliki riwayat obrolan grup atau menghapus pesan sebelum disematkan juga tidak akan melihatnya. Demikian dilaporkan GSM Arena, Minggu (24/3).

Baca juga: WhatsApp uji coba batasi 'screenshot' foto profil untuk lindungi pengguna

Baca juga: WhatsApp lakukan uji coba fitur berbagi file seperti 'Quick Share' Android

Baca juga: WhatsApp lakukan uji coba format teks baru untuk Android dan iOS