DPRD Palangka Raya ingatkan jamaah haji waspadai cuaca panas ekstrem

id dprd palangka raya, khemal nasery, jamaah haji, mekkah, tanah suci, palangkaraya

DPRD Palangka Raya ingatkan jamaah haji waspadai cuaca panas ekstrem

Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Khemal Nasery.  (ANTARA/Rajib Rizali)

Palangka Raya (ANTARA) -
Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Khemal Nasery mengingatkan seluruh jamaah haji asal kota setempat agar waspada terhadap cuaca panas ekstrem yang sedang berlangsung di Arab Saudi.
 
"Jamaah haji saya minta untuk menjaga kesehatan dengan baik saat menjalankan ibadah haji di sana," katanya di Palangka Raya, Rabu.
 
Dia menjelaskan, cuaca panas ekstrem dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti dehidrasi, kelelahan, serta gangguan kesehatan lainnya.
 
Oleh karena itu, ia menyarankan para jamaah haji untuk memperhatikan penggunaan pakaiannya, seperti menggunakan pelindung kepala seperti topi atau payung, serta meminum cukup banyak air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.
 
“Para jamaah haji perlu memperhatikan kondisi tubuh mereka secara seksama dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk menghindari dampak buruk dari cuaca panas ini,” ucapnya.

Baca juga: Komisi B DPRD: Peternak Palangka Raya perlu pembinaan pengelolaan pakan
 
Khemal juga menyarankan jamaah haji, untuk menghindari beraktivitas di luar ruangan pada jam-jam terpanas dan istirahat cukup untuk mengurangi risiko terkena panas berlebihan.
 
Dia mengatakan, jangan sampai, niat para jamaah untuk melaksanakan ibadah haji di tanah suci justru terkendala akibat sakit diterpa panasnya cuaca di Arab Saudi.
 
 "Jangan sampai begitu semangatnya hendak beribadah sampai memaksakan diri dan lupa untuk beristirahat, ini yang bahaya," ujarnya.
 
Pria yang menjabat sebagai Ketua Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Palangka Raya ini mengapresiasi upaya pemerintah kota yang telah memberikan pembekalan kesehatan khusus kepada para jemaah haji, terkait kondisi cuaca yang mungkin mereka hadapi di tanah suci.
 
Informasi ini diharapkan dapat membantu para jamaah haji dalam mempersiapkan diri secara maksimal, serta jika mengalami gejala yang tidak nyaman atau masalah kesehatan segera mencari pertolongan medis.
 
“Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan yang tepat, diharapkan para jamaah haji dapat melaksanakan ibadah dengan lancar dan kesehatan yang terjaga.” demikian Khemal Nasery.