Penjabat Bupati Bartim ingin partisipasi pemilih Pilkada 2024 meningkat

id Penjabat Bupati Bartim ingin partisipasi pemilih Pilkada2024 meningkat, kalteng, bartim, Barito Timur, pilkada Bartim, pilkada, politik, pemilu

Penjabat Bupati Bartim ingin partisipasi pemilih Pilkada 2024 meningkat

Penjabat Bupati Bartim Indra Gunawan saat memberikan sambutan di Acara peluncuran Pilkada Bartim 2024 di GPU Mantawara Tamiang Layang, Sabtu (1/6/2024) ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan mengharapkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Bartim) 2024 di daerah ini bisa meningkat.

“Partisipasi pemilih pada pemilu kemarin di angka 86 persen dan diharap pilkada nanti bisa lebih meningkat lagi,” kata Indra Gunawan di Tamiang Layang, Minggu.

Menurutnya, kesuksesan pemilu maupun pilkada tidak lepas dari penyelenggara pemilu yang sudah bekerja keras dalam menyukseskan Pemilu hingga masyarakat Barito Timur itu sendiri.

Selain itu, Indra juga mengapresiasi atas kegiatan peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten (Pilkada ) Bartim 2024 yang telah dilaksanakan KPU Bartim pada Sabtu (1/6) malam. Menurutnya, kegiatan tersebut agar bisa diketahui masyarakat secara umum bahwa tahapan pilkada telah dan sedang berjalan.

Baca juga: KPU perkenalkan 'Hi Agung' maskot Pilkada Bartim 2024

“Dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan KPU tersebut maka masyarakat secara umum mendapatkan informasi bahwa pada 27 November 2024 ada pesta demokrasi, yakni pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Barito Timur periode 2024-2029,” kata Indra.

Ketua KPU Bartim Satya Hedipuspita mengatakan, pada Pemilu Legislatif lalu terdapat 250 tempat pemungutan suara (TPS) se-Kabupaten Barito Timur, sedangkan pada Pilkada Bartim 2024 ini menjadi 192 TPS.

“Sesuai dengan Keputusan KPU RI, khusus untuk pemilihan kepala daerah, maka jumlah pemilih maksimal per TPS berjumlah 600 pemilih. Kita sudah menyusun dan sesuaikan dengan wilayah maka jumlah TPS di Barito Timur berjumlah 192 TPS, dengan jumlah pemilih per TPS sekitar 500 pemilih,” kata Satya.

Saat Pemilu Legislatif 2024, TPS di Kabupaten Barito Timur berjumlah 351 TPS yang tersebar pada 10 kecamatan yang terdiri dari 100 desa dan tiga kelurahan. Sementara itu daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan sebanyak 81.100 jiwa.

Baca juga: Ketua DPRD Bartim berharap capaian WTP penyemangat meningkatkan pembangunan

Baca juga: Wisata Pasuha Bartim tetap bertahan masuk ADWI 2024

Baca juga: Ketua DPRD Bartim minta Panwascam Pilkada profesional dan netral