Bantu masyarakat Mangkarab sediakan air bersih hadapi kemarau, PT MPL sumbang sumur bor

id PT Multi Perkasa Lestari, PT MPL, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, bartim, barito timur, kalteng

Bantu masyarakat Mangkarab sediakan air bersih hadapi kemarau, PT MPL sumbang sumur bor

General Manager PT MPL Ni Ketut Vivi (kiri) dan Kepala Desa Mangkarap Herianto (kanan) menyaksikan air dari sumur bor yang dibangun berfungsi dengan baik, Senin (03/6/2024). ANTARA/HO-PT MPL

Tamiang Layang (ANTARA) - Perusahaan besar swasta pertambangan PT Multi Perkasa Lestari (MPL) yang beroperasi di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, menyumbang pembuatan sumur bor untuk masyarakat Desa Mangkarap, Kecamatan Dusun Timur.

Sumbangan sumur bor itus sebagai bentuk nyata perusahaan dalam membantu masyarakat memenuhi kebutuhan air bersih, kata General Manager, Ni Ketut Vivi di Tamiang Layang, Senin.

"Semoga sumbangan sumur bor itu bisa bermanfaat sekaligus membantu masyarakat di Desa Mangkarap," ucapnya.

Dikatakan, PT MPL merupakan perusahaan yang komitmen membantu masyarakat, terlebih lagi dalam menghadapi kebutuhan dasar masyarakat, dalam hal ini air bersih.

"Tentu air bersih sangat dibutuhkan, terlebih lagi dalam menghadapi musim kemarau yang segera akan datang," kata Vivi.

Dia menjelaskan, bantuan pembangunan sumur bor ini berdasarkan aspirasi masyarakat setempat. Hal itu lantaran Desa Mangkarab kerap dilanda kesulitan air bersih saat musim kemarau.

Bantuan pembuatan sumur bor ini bagian dari realisasi program CSR (corporate social responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat, khususnya di desa-desa sekitar lokasi perusahaan PT MPL.

"Tanggung jawab sosial melalui merupakan komitmen PT MPL untuk terus membantu pembangunan daerah dan masyarakat. Bantuan diberikan sesuai usulan masyarakat sehingga tepat sasaran dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat," beber dia.
General Manager PT MPL Ni Ketut Vivi dan manajemen foto bersama dengan Kepala Desa Mangkarap Herianto beserta aparatur desa saat serah terima sumur bor yang dibangun PT MPL menggunakan dana CSR, Senin (3/6/2024). ANTARA/HO-PT MPL.


Adapun sumur bor yang dibuat memiliki kedalaman 45 meter, dibantu pompa air dan tandon penampungan air. Sebelumnya, PT MPL juga membuatkan sumur gali untuk masyarakat Desa Matabu dalam upaya memenuhi kebutuhan air bersih untuk warga setempat.

"Bisa menjawab keluhan masyarakat, kami juga ikut merasa senang," demikian Vivi.

Kepala Desa Mangkarap, Herianto mengucapkan terima kasih atas bantuan PT MPL yang telah membantu membuatkan sumur bor, yang memberikan manfaat yang cukup besar bagi pemerintah desa beserta warga.

"Memang kami disini kesulitan air bersih jika musim kemarau. Dengan adanya bantuan sumur bor, kami sangat berterima kasih sekali," kata Herianto.

Menurutnya, sumur bor memang sengaja dibangun dekat dengan kantor desa untuk memudahkan masyarakat merasakan air bersih di saat ini dan kemarau nanti.

Selain itu, air bersih itu juga bisa dimanfaatkan untuk menyediakan air bersih dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Puskesmas Pembantu (Pustu) Mangkarab.