Sekda Kalteng: Hari Lingkungan Hidup jadi pengingat, alam sebagai warisan masa depan

id pemprov kalteng, hari lingkungan hidup sedunia, alam warisan masa depan, sekda kalteng nuryakin, kalimantan tengah, dlh kalteng, joni harta

Sekda Kalteng: Hari Lingkungan Hidup jadi pengingat, alam sebagai warisan masa depan

Sekda Kalteng Nuryakin memimpin upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun 2024 di lingkungan Pemprov Kalteng bertempat di Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Palangka Raya, Rabu (5/6/2024). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah (Kalteng) Nuryakin mengatakan, Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia menjadi pengingat bagi semua pihak yakni alam sebagai warisan masa depan.
 
"Itu mengingatkan bahwa alam itu adalah warisan untuk anak cucu, warisan masa depan, bukan warisan nenek moyang," terang Nuryakin kepada awak media di Palangka Raya, Rabu.
 
Hal itu dia sampaikan usai memimpin upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun 2024 di lingkungan Pemprov Kalteng bertempat di Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH).
 
"Mari kita maknai Hari Lingkungan Hidup ini dengan menjaga hutan, menjaga lahan bagaimana bisa lestari, tidak ada kekeringan, tidak ada kebakaran hutan," tuturnya.
 
Adapun upaya yang dilakukan pemerintah provinsi dalam menjaga alam serta lingkungan agar lestari, selama ini dilaksanakan melalui ragam program dan kegiatan secara berkelanjutan.

Baca juga: Sukseskan upacara HUT RI, Kalteng siap amankan IKN dari dampak karhutla
 
Termasuk melalui upaya mitigasi bencana, seperti halnya mencegah terjadi kebakaran hutan dan lahan yang kerap melanda wilayah Kalimantan Tengah. Dengan pencegahan serta pengendalian optimal melalui sinergi lintas sektor, karhutla dapat diminimalisir sehingga dampaknya terhadap lingkungan dapat ditekan secara maksimal.
 
Sementara itu peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 2024, mengusung tema "Land restoration, desertification, and drought resilience" atau restorasi lahan, penggurunan dan ketahanan terhadap kekeringan", dengan slogan "Our land, our future, generation restoration".
 
Sebagaimana tema dari UNEP untuk Hari Lingkungan Hidup 2024 difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan.
 
"Pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem," jelasnya.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalteng Joni Harta menambahkan, selama ini berbagai upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan terus dilakukan melalui kolaborasi bersama berbagai pihak, misalnya Badan Restorasi Gambut (BRG) hingga pengimplementasian REDD+.

Baca juga: Pemprov Kalteng jaga semangat dan komitmen tingkatkan kualitas pelayanan publik

Baca juga: Gerakan Pangan Murah Pemprov jangkau Bartim, bantu penuhi kebutuhan masyarakat

Baca juga: Perluas pasar hasil Shrimp Estate Berkah, pemprov kunjungi sejumlah mitra usaha