Cegah terpapar penyakit masyarakat Palangka Raya diminta rutin berolahraga

id Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Widodo, DPRD Kota Palangka Raya, DPRD, Palangka Raya, Kalteng

Cegah terpapar penyakit masyarakat Palangka Raya diminta rutin berolahraga

Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Widodo. ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Widodo mengajak sekaligus meminta seluruh masyarakat yang ada di daerah ini, agar semakin rutin berolahraga guna menjaga imun tubuh dan mencegah terpapar dari berbagai penyakit.

"Olahraga menjadi upaya mencegah terjangkit penyakit yang mudah untuk dilakukan. Terlebih di tengah kondisi cuaca Kota Palangka Raya yang sedang tidak menentu seperti saat ini," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Menurut informasi yang diterima legislator Palangka Raya ini, berbagai macam jenis penyakit yang dapat dicegah dengan berolahraga, yakni penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan obesitas.

Untuk itu, terdapat beragam olahraga yang dapat dipilih untuk membantu menjaga kebugaran tubuh, termasuk olahraga yang efektif dalam membakar lemak, seperti bersepeda, jalan kaki atau kardio hingga berlari.

"Selain membuat tubuh sehat, olahraga juga kegiatan menyenangkan dan murah, bahkan gratis. Seperti halnya bersepeda dan jogging, olahraga ini dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja," ucapnya.

Sigit menjelaskan, selain berolahraga masyarakat juga dapat melakukan berbagai upaya untuk menjaga imun tubuh dapat tetap sehat, yakni dengan makan tepat waktu, istirahat 7 hingga 8 jam per hari.

Kemudian mengonsumsi air putih yang banyak, mengurangi aktivitas merokok, mengelola pikiran agar tidak stres dan mengonsumsi vitamin.

"Imun tubuh berperan dalam melindungi tubuh seseorang dari zat berbahaya termasuk kuman, bakteri, hingga virus yang dapat menimbulkan penyakit," ujarnya.

Baca juga: Palangka Raya perluas jangkauan Gerai TPID untuk kendalikan inflasi

Politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini melanjutkan, menjaga tubuh agar dapat tetap sehat dan bugar merupakan komitmen jangka panjang yang memerlukan disiplin dan kesadaran diri.

Setiap usaha yang dilakukan masyarakat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar akan membuahkan manfaat jangka panjang bagi kualitas hidup masyarakat.

"Dengan tubuh yang sehat, masyarakat tidak hanya dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar, tetapi juga dapat berkumpul bersama keluarga tercinta setiap hari tanpa khawatir anggota keluarga ikut terjangkit penyakit yang saat ini sedang dialami," demikian Sigit Widodo.

Baca juga: Tingkatkan keamanan sistem informasi, Palangka Raya gandeng Badan Siber

Baca juga: DPRD Palangka Raya ajak masyarakat aktif bersihkan lingkungan cegah DBD

Baca juga: Sekolah di Palangka Raya diminta perketat penerapan sistem zonasi dalam PPDB