Wali kota: Media massa jadi penopang keberhasilan pembangunan

id Wali kota: Media massa jadi penopang keberhasilan pembangunan, kalteng, Palangka raya, informasi

Wali kota: Media massa jadi penopang keberhasilan pembangunan

Gathering dalam menjalin sinergi dan harmonisasi dengan mitra yang digagas Radio Republik Indonesia (RRI) Palangka Raya, Jumat (7/6/2024). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) Hera Nugrahayu mengatakan media massa harus mampu menjadi penopang keberhasilan pembangunan.

"Media massa memiliki peran strategis dalam menyampaikan informasi akurat. Untuk itu terus sampaikan informasi positif pembangunan sehingga menjadi penopang kemajuan daerah," kata Hera di Palangka Raya, Jumat.

Dia mengatakan, pers dalam menjalankan tugas dan fungsi harus terus menjadi penyambung atau jembatan menyampaikan aspirasi masyarakat dan program pemerintah.

Untuk itu, informasi yang disampaikan media massa haruslah selalu akurat, sahih serta berimbang dan jujur sesuai dengan kode etik jurnalistik. Terlebih lagi media massa memiliki jangkauan informasi yang sangat luas serta cepat dalam pendistribusian produk jurnalistiknya.

Apalagi, hasil karya jurnalis juga sering menjadi bahan pertimbangan dan referensi dalam pengambilan keputusan mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga tahapan evaluasi.

Pernyataan itu diungkapkan Hera pada acara gathering dalam menjalin sinergi dan harmonisasi dengan mitra yang digagas Radio Republik Indonesia (RRI) Palangka Raya.

Baca juga: Fisipol UMPR buka pendaftaran mahasiswa baru program RPL

Pada era kemudahan komunikasi dan informasi saat ini, media massa memegang peranan yang penting dalam pelaksanaan pembangunan. Terutama melalui perannya dalam menginformasikan dan mengabarkan program-program pemerintah.

"Kami akan terus membangun sinergi dan kolaborasi terutama untuk menyampaikan informasi dan program pembangunan yang akan dilaksanakan, sedang dilaksanakan atau pun yang telah dicapai pemerintah," katanya.

Kepala Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Palangka Raya Dwi Korianingsih menegaskan, sebagai bagian dari pemerintah, pihaknya akan selalu siap mendukung berbagai program pemerintah daerah.

"Karena RRI ini adalah rumah rakyat Indonesia silahkan manfaatkan lembaga kami untuk sosialisasi, edukasi ataupun menyebarluaskan informasi pembangunan, kemajuan atau apapun yang dilaksanakan pemerintah," katanya.

Melalui kegiatan tersebut, pihaknya berharap kerja sama antara RRI Palangka Raya bersama seluruh mitra semakin erat dan kokoh.

Baca juga: Polresta Palangka Raya edukasi pengendara agar tertib berlalu lintas

Baca juga: DPRD Palangka Raya minta pelaku usaha kelola limbah sesuai prosedur

Baca juga: Sukseskan pesta demokrasi, camat dan lurah diminta sosialisasikan tahapan Pilkada 2024