Kelurahan Sidorejo wakili Kobar di lomba penilaian kelurahan tingkat provinsi

id Kelurahan Sidorejo wakil Kobar di lomba penilaian kelurahan tingkat provinsi, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat

Kelurahan Sidorejo wakili Kobar di lomba penilaian kelurahan tingkat provinsi

Sekda Kobar Rody Iskandar saat menghadiri lomba penilaian kelurahan tingkat provinsi Kalteng di Aula Kelurahan Sidorejo, Senin (10/6/2024) ANTARA/HO-Istimewa.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti lomba penilaian kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

"Ada banyak pencapaian Kelurahan Sidorejo yang dapat dibanggakan, mulai dari pemberdayaan UMKM yang berdampak pada penghasilan masyarakat," kata Sekretaris Daerah Kobar Rody Iskandar di Pangkalan Bun, Selasa.

Lanjutnya, tidak hanya itu Kelurahan Sidorejo juga melakukan pengelolaan terhadap sampah yaitu dengan sistem 3M yang pengolahan limbah rumah tangga bisa dimanfaatkan kembali.

Rody mengatakan, bahwa pada tahun-tahun sebelumnya, Kelurahan Madurejo mewakili Kabupaten Kobar dalam ajang lomba desa dan kelurahan tingkat nasional, dan berhasil menjuarai ajang tersebut.

"Dan untuk tahun ini, giliran Kelurahan Sidorejo akan mewakili Kabupaten Kobar mengikuti perlombaan kelurahan tingkat Provinsi Kalteng," ucapnya.

Baca juga: Inspektorat Kobar audit dan awasi sekolah penerima dana BOS

Dia menyampaikan, sampai saat ini Kelurahan Sidorejo telah berupaya memberikan berbagai inovasi lainnya guna membantu masyarakat yang berada di wilayah setempat.

"Salah satunya dengan memberikan fasilitas bimbingan belajar Matematika dan Bahasa Inggris secara gratis kepada anak-anak tingkat sekolah dasar. Anak-anak diajarkan oleh relawan dari anak-anak muda Bumi Marunting Batu Aji," ungkapnya.

Rody menambahkan, dirinya berharap Kelurahan Sidorejo dapat mewakili Kabupaten Kotawaringin Barat di tingkat regional. 

"Mudah-mudahan sampai tingkat nasional, banyak inovasi yang dilakukan. Seperti pemberdayaan bunga telang, pemberdayaan UMKM, bimbingan belajar, pengelolaan sampah, tapi yang paling penting adalah kolaborasi antara pemerintah kelurahan dengan masyarakat," demikian Rody Iskandar.

Baca juga: Selama 2023 sekolah di Kobar terima dana BOS Rp43 miliar dari pemerintah pusat

Baca juga: Penjabat Bupati Kobar dukung sinergisitas TNI-Polri wujudkan pilkada damai

Baca juga: Pj Bupati Kobar: Peran PKK strategis mewujudkan keluarga sejahtera