Sidorejo raih juara pada lomba kelurahan provinsi, sertakan program unggulan

id pemkab kobar, kelurahan sidorejo raih juara dua, lomba desa dan kelurahan, pangkalan bun, kotawaringin barat

Sidorejo raih juara pada lomba kelurahan provinsi, sertakan program unggulan

Pengumuman pemenang lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalteng, Rabu (31/7/2024). (ANTARA/HO-DPMD Kalteng)

Pangkalan Bun (ANTARA) -
Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berhasil meraih peringkat kedua dalam lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2024 yang diikuti sebanyak 11 desa dan 7 kelurahan.
 
"Tentunya pencapaian ini bukan hanya milik kelurahan karena didukung oleh masyarakat, lembaga kemasyarakatan yang ada di Kelurahan Sidorejo, termasuk juga dukungan dari berbagai dinas," kata Lurah Sidorejo Sahida Ramadana di Pangkalan Bun, Kamis.
 
Hal itu diumumkan langsung oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalteng melalui unggahan pada akun Instagram.
 
Sahida mengatakan, ada beberapa yang menjadi program unggulan Kelurahan Sidorejo selama periode tahun 2022 - 2023, dan program serta inovasi itu diusung dalam perlombaan tersebut.
 
"Program tersebut yaitu bimbingan belajar mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika gratis bagi anak Sekolah Dasar dengan jumlah kepesertaan hingga 50 anak dan 14 pengajar," ucapnya.

Baca juga: BPBD Kobar sudah tangani 17 kali karhutla
 
Lanjutnya, serta ada juga TPS 3R dan bank sampah yang telah bermitra dengan 20 organisasi baik instansi pemerintah, sekolah, maupun faskes.
 
"Dengan produk turunan berupa kompos, briket, dan budidaya ternak dengan silase," sebutnya.
 
Tak hanya itu, ada juga program lainnya seperti penciptaan Food Court Pasanah dan Food Corner Sampuraga yang mendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kegiatan Beramian Kampung Seko.
 
Serta, inisiasi Program Kampung Iklim (Proklim) yang merupakan wilayah percontohan untuk ketahanan bencana, ketahanan pangan dan penyesuaian perubahan lingkungan dan program inovasi lainnya.
 
Sahida menambahkan, dirinya berharap program dan inovasi yang sudah berjalan sampai saat ini dapat terus berkembang pesat ke depannya.
 
"Hal itu tentunya, untuk memudahkan masyarakat khususnya daerah Sidorejo, dan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," demikian Sahida Ramadana.

Baca juga: Pemkab Kobar lakukan berbagai upaya tingkatkan produksi padi

Baca juga: DPMD Kobar: Lima dari tujuh desa lolos verifikasi pemekaran

Baca juga: Pj Bupati Kobar: Satlinmas ikut berperan menjaga keamanan dan ketertiban umum