DPRD Palangka Raya ingatkan penggunaan dana BOS harus penuh kehati-hatian

id dprd palangka raya, hasan busyairi, dana bos, bantuan operasional sekolah, palangkaraya, pendidikan

DPRD Palangka Raya ingatkan penggunaan dana BOS harus penuh kehati-hatian

Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hasan Busyairi. (ANTARA/Rajib Rizali)

Palangka Raya (ANTARA) -
Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Hasan Busyairi mengatakan, keberadaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Palangka Raya.
 
"Untuk itu pengelolaan dana BOS harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian, transparan dan akuntabel, karena dana tersebut mendukung keberlangsungan dan peningkatan kualitas pendidikan di satuan pendidikan dasar," katanya di Palangka Raya, Sabtu.
 
Dirinya menjelaskan, penting bagi Pemerintah Kota Palangka Raya untuk meningkatkan pemahaman bersama tentang regulasi dan pedoman terkait pengelolaan dana BOS.
 
Dengan demikian ke depan tidak ada lagi perbedaan pendapat antar satuan pendidikan dan Pemerintah Kota Palangka Raya pada saat menggunakan dana BOS.
 
“Kita harus menjadikan transparansi sebagai prinsip utama dalam pengelolaan dana BOS. Setiap rupiah yang digunakan harus dapat dipertanggungjawabkan secara jelas,” ucapnya.
 
Hasan mengungkapkan, semua informasi terkait dengan penggunaan dana BOS harus dilaporkan secara tertib melalui Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya untuk dilakukan verifikasi lebih lanjut.

Baca juga: Jelang Idul Adha, Pemkot Palangka Raya diminta pastikan hewan kurban sehat
 
Dirinya juga meminta kepada Inspektorat Kota Palangka Raya agar dapat mengawal pengelolaan dana BOS dengan melaksanakan pengawasan secara berkala, untuk memastikan setiap penggunaan dana sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tidak terjadi penyimpangan.
 
“Kami juga akan mendorong partisipasi aktif dari semua pihak terkait, termasuk guru, orang tua siswa, dan masyarakat setempat, dalam proses pengawasan ini,” ujarnya.
 
Dengan adanya komitmen bersama dan pengawasan yang ketat, politisi Partai Golkar ini berharap dana BOS dapat digunakan secara efektif dan transparan untuk kemajuan pendidikan.
 
Dengan kualitas pendidikan yang meningkat, hal tersebut menjadi bekal Pemerintah Kota Palangka Raya untuk mencetak sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing yang tinggi.
 
"Saya yakin jika dari akarnya telah dipersiapkan dengan baik dan matang tanpa adanya korupsi, tentu Kota Palangka Raya bisa melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menjadi generasi penerus bangsa," demikian Hasan Busyairi.

Baca juga: DPRD Palangka Raya ajak masyarakat galakkan Gemarikan

Baca juga: Mantan Kepala Dispora Kalteng ingin majukan Palangka Raya melalui Pilwakot 2024

Baca juga: Maknai Idul Adha, Swiss-Belhotel Palangka Raya serahkan hewan kurban ke sejumlah masjid