KPU Katingan: Proses Coklit capai 70 persen

id kpu,pilkada,katingan,coklit

KPU Katingan: Proses Coklit capai 70 persen

Rapat koordinasi persiapan penyusunan daftar pemilihan di lokasi khusus di wilayah Kabupaten Katingan. (ANTARA/Naslee)

Palangka Raya (ANTARA) - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ovi Monita mengatakan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di wilayahnya mencapai 70 persen.

"Pantarlih bertugas melakukan Coklit sampai minggu kedua sudah mencapai 70 persen," kata Ovi di Kasongan, Sabtu.

Pihaknya pun optimistis bahwa hingga minggu ketiga sebelum batas waktu akhir pada 24 Juli 2024, proses coklit bisa sampai 100 persen.

"Saat ini 469 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau Pantarlih terus melaksanakan tugas pencocokan dan penelitian data pemilih bagi masyarakat Kabupaten Katingan," kata Ovi.

Pada Pemilu Serentak 2024, untuk TPS lokasi khusus berada di wilayah Kecamatan Hilir, Sanaman Mantikei dan Katingan Tengah.

"Sementara untuk sekarang ini KPU akan melakukan rapat koordinasi persiapan untuk menentukan TPS khusus pada Pilkada serentak 2024 nantinya," katanya.
Pernyataan itu diungkapkan dia terkait pelaksanaan rapat koordinasi persiapan penyusunan daftar pemilihan di lokasi khusus di wilayah Kabupaten Katingan.
 
Turut hadir pada pertemuan itu seperti Asisten I Setda Katingan Hariawan, perwakilan Dandim 1019 Katingan, Kejaksaan Negeri Katingan, Pengadilan Negeri Katingan, sejumlah Kepala OPD dan sejumlah Perusahaan Besar di Kabupaten Katingan.

"Pertemuan rakor ini merupakan persiapan penyusunan daftar pemilih di TPS lokasi khusus, terutama bagi masyarakat Kabupaten Katingan yang tidak bisa melakukan pemilihan di tempat asalnya," katanya.

Baca juga: Pj Bupati Katingan minta pengurus masjid utamakan sikap terbuka dan jujur

Asisten I Setda Katingan Hariawan, menyambut baik rapat koordinasi persiapan penyusunan daftar pemilihan di lokasi khusus yang digelar oleh KPU.

"Ayo kita bersama-sama berpartisipasi mendukung penuh Pilkada Bupati dan Wakil Bupati serta Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng pada 27 November 2024 nanti bisa berjalan damai, aman dan nyaman," terangnya.

Dia mengatakan masyarakat harus cerdas memilih pemimpin yang bisa mensejahterakan rakyat dan melanjutkan pembangunan di Kabupaten Katingan kedepannya.

"Kita sebagai rakyat biasa tentunya mengharapkan semua pelaksanaan Pilkada nanti tidak ingin berlebihan, tidak ingin adanya kecurangan dan lain sebagainya. Kita ingin Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Katingan ke depan berjalan dengan baik, aman dan nyaman," katanya.

Baca juga: Pj Bupati minta Kepengurusan LPTQ Katingan tingkatkan pengembangan tilawatil Quran

Baca juga: Pemkab Katingan komitmen wujudkan layanan berkeadilan bagi masyarakat

Baca juga: Ketua LPT-IK Katingan ajak warga Kaharingan cerdas pilih pemimpin di Pilkada 2024