Pemkab Gunung Mas ajukan Raperda RPJPD 2025-2040

id pemkab gumas, pj bupati gumas herson b aden, sekda gumas richard, rpjpd gumas 2025-2045, kuala kurun, gunung mas, gunung mas be smart

Pemkab Gunung Mas ajukan Raperda RPJPD 2025-2040

Sekda Gumas Richard. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) kabupaten tahun 2025-2045 kepada DPRD setempat.
 
Penjabat Bupati Herson B Aden dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Richard, saat rapat paripurna di Kuala Kurun, Senin, mengatakan visi pembangunan daerah yang telah dirumuskan adalah Gunung Mas yang Berkelanjutan, Sejahtera, dan Maju berbasis Agro Resources dan Tourism.
 
"Visi tersebut disingkat 'GUNUNG MAS be SMART'," sambung dia.
 
Guna mencapai visi tersebut maka ada upaya atau misi yang perlu dilakukan, yakni mewujudkan transformasi sosial untuk sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing, dan mewujudkan transformasi ekonomi yang inklusif.
 
Lalu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang adaptif dan inovatif, mewujudkan keharmonisan dan stabilitas daerah, mewujudkan ketahanan sosial budaya, dan mewujudkan pembangunan wilayah yang merata.

Baca juga: PLN bersama BPN amankan aset ketenagalistrikan di Barut dan Gumas
 
Kemudian mewujudkan infrastruktur yang berkelanjutan, dan mewujudkan kesinambungan pembangunan daerah.
 
"Misi di atas akan dijabarkan kembali dengan merumuskan sasaran pokok sehingga upaya yang akan dilaksakan mempunyai tujuan yang jelas," beber dia.
 
Adapun sasaran dan tujuan yang dimaksud yakni terwujudnya SDM unggul, berkualitas dan modern. Lalu terwujudnya perekonomian daerah yang inklusif, inovatif dan berkelanjutan berbasis keanekaragaman potensi lokal daerah.
 
Kemudian terwujudnya tata kelola pemerintahan yang berintegritas dan dinamis, terwujudnya kondusivitas wilayah dalam mendukung ekonomi daerah yang berkeadilan, serta terwujudnya ketahanan sosial budaya lokal.
 
Selanjutnya terwujudnya pembangunan sarana dan prasarana wilayah yang berkualitas dan merata, terwujudnya pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur yang berkelanjutan, dan terwujudnya kesinambungan pembangunan daerah.
 
"Proses penyusunan RPJPD Kabupaten Gunung Mas 2025-2045 ini telah melalui berbagai tahapan yang telah ditentukan," demikian Herson.

Baca juga: Pemkab Gumas optimalkan PPID demi optimalkan keterbukaan informasi publik

Baca juga: Truk PBS bebas melintas, Legislator Gumas menduga ada oknum membacking

Baca juga: Pantarlih coklit warga Gunung Mas berusia 104 tahun