Pawai tahun baru Islam di Kapuas jadi sarana membangun kebersamaan dan silaturahmi

id pemkab kapuas, penjabat bupati erlin hardi, pawai tahun baru islam kapuas, kuala kapuas

Pawai tahun baru Islam di Kapuas jadi sarana membangun kebersamaan dan silaturahmi

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas keberangkatan peserta Pawai Tahun Baru Islam 1446 Hijeriah, halaman Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Sabtu (20/7/2024). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Ratusan peserta pejalan kaki dan mobil hias berpartisipasi memeriahkan Pawai Tahun Baru Islam 1446 Hijriah di Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.
 
"Tentunya, kita mengharapkan, tahun baru Islam ini ada momen baru, harapan baru bagaimana membentuk, mewujudkan keinginan kita bersama untuk bisa membangun Kabupaten Kapuas lebih baik," kata Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi, Sabtu.
 
Hingga pada akhirnya diharap agar keharmonisan dalam melaksanakan kehidupan beragama dapat terus terjaga dengan baik.
 
"Saya juga mengapresiasi PHBI yang telah melaksanakan kegiatan pawai, tentunya kita harapkan dengan adanya kegiatan ini akan lebih mempererat kembali tali silaturahmi," ujarnya.
 
Adapun pawai ini diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari pelajar, organisasi masyarakat, hingga instansi pemerintah yang berlangsung meriah dan semarak.

Baca juga: Pemkab Kapuas diharap optimalkan pengembangan cabor sepatu roda

Warga pun tumpah ruah di jalan-jalan utama untuk menyaksikan pawai yang diadakan oleh PHBI kabupaten setempat tersebut.
 
Peserta pawai menampilkan berbagai atraksi menarik, mulai dari drumband, barisan santri, hingga berbagai kendaraan hias bernuansa Islami.

Setiap peserta berusaha menampilkan yang terbaik, dengan kostum, hiasan kreatif dan penuh warna. Tak ketinggalan, pawai juga dimeriahkan dengan lantunan shalawat dan lagu-lagu religi yang menambah kekhidmatan suasana.
 
Ketua Umum PHBI Kabupaten Kapuas Nabchan dalam sambutannya menekankan pentingnya pawai ini sebagai sarana memperkuat ukhuwah Islamiyah.
 
“Pawai ini tidak hanya sekadar perayaan, tetapi juga sebagai wujud membangun kebersamaan dan memperkuat silaturahmi,” katanya.
 
Adapun tahun ini ada 105 grup atau kelompok yang berpartisipasi dalam pawai. Tampak antusiasme peserta luar biasa dan menunjukkan betapa kuatnya semangat kebersamaan di Kapuas.

Baca juga: Pemkab Kapuas dukung percepatan program perhutanan sosial

Baca juga: Pemkab dan BPJS Ketenagakerjaan sosialisasikan Perbup penyedia jasa konstruksi di Kapuas

Baca juga: Pemkab Kapuas dorong peningkatan pengelolaan keuangan desa