Diskarmat Palangka Raya diminta gencarkan pelatihan penanggulangan kebakaran kepada warga

id dprd palangka raya, ketua dprd palangka raya, sigit k yunianto, sky, pemadam kebakaran, permukiman padat penduduk, palangkaraya

Diskarmat Palangka Raya diminta gencarkan pelatihan penanggulangan kebakaran kepada warga

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit Karyawan Yunianto. (ANTARA/Rajib Rizali)

Palangka Raya (ANTARA) -
Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit Karyawan Yunianto meminta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Diskarmat) gencar memberikan pelatihan penanggulangan kebakaran kepada warga.
 
"Langkah ini penting agar setiap masyarakat umum mendapat wawasan yang baik dalam melakukan antisipasi dini jika terjadi musibah kebakaran," katanya di Palangka Raya, Jumat.
 
Dirinya mengatakan, tampaknya dalam beberapa waktu terakhir intensitas kebakaran yang terjadi di Palangka Raya cukup tinggi, khususnya di wilayah padat penduduk.
 
Hal tersebut harus menjadi dasar bagi pemerintah kota dalam melakukan upaya antisipasi kebakaran, sehingga kejadian serupa tidak terulang.
 
“Makanya penguasaan teknik dasar dalam menghadapi keadaan darurat kebakaran merupakan hal sangat krusial bagi semua masyarakat di Palangka Raya. Keterampilan ini menjadi pondasi utama dalam upaya pencegahan agar kebakaran tidak bertambah besar dan menyebar lebih luas,” ucapnya.

Baca juga: Peran RT mengelola sampah rumah tangga di Palangka Raya harus diperkuat
 
Sigit melanjutkan, selama ini pemberian pelatihan penanganan kebakaran lebih sering diberikan kepada pelajar dan karyawan di berbagai kantor pemerintah dan swasta.
 
Padahal pelatihan tersebut penting bagi masyarakat umum agar mereka mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dasar mengenai penanganan awal kebakaran
 
“Memadamkan api tidak bisa dilakukan hanya dengan menyiram air secara sembarangan, namun ada juga menggunakan teknik khusus yang harus dilakukan,” ujarnya.
 
Untuk itu Politisi PDI Perjuangan ini mengharapkan agar ke depan Diskarmat memberikan pelatihan penanggulangan kebakaran kepada masyarakat di kawasan padat penduduk.
 
Dengan demikian, ketika terjadi kebakaran masyarakat dapat mengetahui langkah penanganan pertama agar api tidak membesar dan dapat mencegah besarnya kerugian materi yang diderita korban kebakaran.
 
"Mencegah adalah langkah yang paling penting dibandingkan harus menangani peristiwa yang sudah terjadi. Semoga hal ini bisa menjadi perhatian teman-teman di Diskarmat Kota Palangka Raya agar ke depan kebakaran dapat diatasi secara bersama-sama," demikian Sigit Karyawan Yunianto.

Baca juga: Legislator sarankan pemberlakuan sanksi tegas pelanggar aturan waktu membuang sampah

Baca juga: DPRD harapkan aturan penyediaan alat kontrasepsi untuk pelajar direvisi

Baca juga: Berikut jadwal pelantikan anggota DPRD Palangka Raya periode 2024-2029