Resmi mendaftar ke KPU, bacalon Willy-Habib klaim penuhi panggilan rakyat Kalteng

id Bakal calon Gubernur Kalteng, Kalimantan Tengah, Willy M Yoseph, Kalteng, cagub Kalteng, Habib Ismail Bin Yahya, Pilkada Kalteng

Resmi mendaftar ke KPU, bacalon Willy-Habib klaim penuhi panggilan rakyat Kalteng

Bakal calon Gubernur Kalteng Willy M Yoseph bersama bacawagub Habib Ismail Bin Yahya beserta unusur pimpinan parpol pengusung memberikan keterangan kepada para wartawan usai melakukan pendaftaran di KPU Kalteng, Kamis (29/8/2024). ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Bakal calon Gubernur Kalimantan Tengah Willy M Yoseph berpasangan dengan Habib Ismail Bin Yahya secara resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, setelah diusung oleh tiga gabungan partai politik, yakni Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta Partai Bulan Bintang (PBB).

Ketua KPU Kalteng Sastriadi saat menerima berkas pendaftaran Willy-Habib di Palangka Raya, Kamis sore, mengatakan bahwa perolehan suara tiga gabungan parpol pengusung pasangan bacalon gubernur/wakil gubernur ini, telah memenuhi syarat dan dinyatakan lengkap.

"Jumlah perolehan suara ketiga parpol yang mengusung Willy-Habib ini sebanyak 237.693 atau 17 persen lebih dari suara sah dalam pemilu 2024 di Kalteng. Jadi, sudah lebih dari 10 persen dari persyaratan minimal," singkat Sastriadi.

Sementara itu, Bacalon Gubernur Kalteng Willy M Yoseph saat press rilis di kantor KPU Kalteng mengaku, adanya keinginan menjadi peserta di Pilkada 2024 Kalteng ini, sebagai upaya memenuhi keinginan sebagain besar masyarakat di provinsi setempat.

"Sebagian besar masyarakat menginginkan pemimpin Kalteng berasal dari putra daerah asli, yaitu suku bangsa Dayak," klaim Willy.

Sementara mengenai dirinya sempat berkompetisi dengan Habib Ismail Bin Yahya di Pilkada Kalteng tahun 2015, menurut mantan Anggota DPR RI periode 2019-2024 itu, merupakan hal yang biasa dan lumrah terjadi dalam politik.

Baca juga: Razak-Sri pendaftar pertama ke KPU di Pilkada Kalteng

Menurut dia, terpenting itu adalah bagaimana bisa menjadi pemimpin rakyat Kalteng yang baik dan adil. Apalagi, menurut dia, Habib Ismail saat menjabat Wakil Gubernur Kalteng periode 2016-2021 juga sangat baik dan selesai sampai periode berakhir.

"Saya bersyukur pak Habib Ismail berkenan menjadi pendamping saya di Pilkada Kalteng 2024 ini. Kami akan menjadi pemimpin yang lebih baik dan membawa Kalteng menjadi lebih maju serta masyarakatnya semakin sejahtera," demikian Willy.

Dalam pendaftaran itu, Willy-Habib turut didampingi Ketua DPW Partai Nasdem Faridawaty Darland Atjeh, Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Kalteng WS Pramono, unsur pimpinan DPW PKB Kalteng, serta para simpatisan. Sementara yang menerima pendaftaran tersebut, seluruh komisioner KPU Kalteng dan Bawaslu Kalteng.

Baca juga: Agustiar Sabran-Edy Pratowo resmi daftar ke KPU, siap lanjutkan pembangunan

Baca juga: Pasangan bakal calon Pilkada Kalteng ikuti pemeriksaan kesehatan

Baca juga: Halikinnor-Irawati yakin Kotim akan semakin maju